Jum'at, 26/04/2024 11:40 WIB

Enam Manfaat Pijat Bagi Kesehatan

selain mampu menghilangkan rasa capek, pijat juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan.

Pijat pisau (Foto: Koreaboo)

Jakarta - Kebanyakan masyarakan beranggapan bahwa pijat hanya bermanfaaf untuk menghilangkan rasa lelah dan stress kibat padatnya aktivitas sehari-hari.

Namun taukah Anda, selain mampu menghilangkan rasa capek, pijat juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Tapi haruslah pemijatan yang tepat dan dilakukan oleh orang yang memang benar-benar tahu cara memijat akan memberikan banyak manfaat.

Berikut manfaat pijat bagi kesehatan eperti dikutip dari Healthmad dan Buzzle:

#Dapat Menghentikan Rasa Sakit
Pijat secara teratur dapat mempengaruhi sistem saraf perifer, meningkatkan rangsangan dan konduksi impuls saraf, melemahkan dan menghentikan rasa sakit dengan mempercepat proses regenerasi (pemulihan) saraf yang cedera, serta mencegah gangguan pembuluh darah dalam hal komunikasi dan suplai.

#Meningkatkan Aliran Darah
Pijat juga mempengaruhi jaringan tubuh untuk memperluas kapiler dan kapiler cadangan. Hal ini akan meningkatkan aliran darah ke jaringan dan organ, meingkatkan proses reduksi oksidasi, memfasilitasi jantung dan berkontribusi terhadap redistribusi darah dalam tubuh. Serta memberikan sedikit peningkatan jumlah trombosit, leukosit, eritrosit dan hemoglobin tanpa mengganggu keseimbangan asam-basa.

#Mempercepat Aliran Getah Benih
Pijat mempercepat aliran getah bening yang meningkatkan gizi jaringan, mengurangi stasis pada sendi serta organ dan jaringan lain.

#Menyehatkan Kulit
Pijat memiliki efek fisiologis yang beragam terhadap kulit dan fungsinya, seperti membersihkan saluran keringat, kelenjar sebaceous, meningkatkan fungsi sekresi, ekskresi dan pernapasan kulit. Setelah dipijat kulit akan menjadi lebih kenyal seta meningkatkan pengaruhnya terhadap suhu (sensitifitasnya menurun terhadap suhu dingin).

#Mempercepat Keluarnya Metabolit
Pijat bisa membuat otot menjadi fleksibel, meningkatkan fungsi kontraktil yang mempercepat keluarnya metabolit (hasil metabolisme). Hal ini tergantung dari seberapa kuat dan cepat pijat yang dilakukan.

#Memperbaiki Sirkulasi Darah
Pijat membantu memperbaiki sirkulasi dan menurunkan tekanan darah. Karena sirkulasinya membaik, maka pada gilirannya organ-organ yang ada di dalam tubuh akan berfungsi dan bekerja lebih baik.

KEYWORD :

Tips Kesehatan Pijat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :