Minggu, 28/04/2024 22:09 WIB

Indonesia Kirimkan Bantuan untuk Korban Siklon Mocha

Indonesia Kirimkan Bantuan untuk Korban Siklon Mocha

Bantuan Indonesia untuk Myanmar (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban Siklon Mocha yang melanda Myanmar, pada Senin (26/6). Bantuan yang dikirimkan Indonesia dalam bentuk barang seberat kurang lebih 45 ton dengan total nilai Rp7.842.757.000.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan, pengiriman bantuan ini didasari oleh permintaan Pemerintah Myanmar yang memohon bantuan kepada Pemerintah Indonesia untuk ikut membantu mengurangi beban kerugian yang sangat besar akibat bencana Siklon Mocha.

"Bapak Presiden telah memerintahkan kami, Menko PMK dan Kepala BNPB untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat yang terdampak di Myanmar. Sekaligus Bapak Presiden menyampaikan bela sungkawa sedalam-dalamnya dan empati yang tulus kepada Masyarakat Myanmar yang menjadi korban bencana Siklon Mocha," kata Muhadjir.

Muhadjir menerangkan, pemberian bantuan ini mengedepankan semangat One ASEAN-One Community serta One ASEAN-One Respons. Kemudian, dia menerangkan, Indonesia melakukan diplomasi kemanusiaan dalam kaitannya dengan bencana siklon ini dengan didasari semangat kemanusiaan solidaritas gotong royong antar sesama anggota ASEAN.

"Selain itu, bantuan ini juga untuk meningkatkan citra baik Indonesia di kawasan ASEAN serta untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dan Myanmar, dengan Keketuaan ASEAN 2023," ucap dia.

Selain itu, Muhadjir menjelaskan, bantuan yang diberikan ini adalah bantuan dari masyarakat Indonesia dan solidaritas sesama anggota ASEAN. Dia menerangkan, tim dari Indonesia juga akan terus melakukan pemantauan untuk memastikan bantuan tepat sasaran.

"Karena itu, bantuan ini bukan dari negara ke negara, tapi dari Masyarakat Indonesia ke Masyarakat Myanmar. Dan nanti yang menerima atas nama Sekretaris Jenderal organisasi kemasyarakatan komunitas di Myanmar," imbuh Muhadjir.

Seperti diketahui, bencana Siklon Mocha yang melanda Myanmar pada 14 Mei 2023 lalu menyebabkan 1,23 juta orang terdampak, 148 warga meninggal dunia serta menimbulkan kerusakan parah pada pemukiman warga dan infrastruktur.

KEYWORD :

Indonesia Myanmar Menko PMK Muhadjir Effendy




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :