Kamis, 21/06/2018 11:48 WIB

Ulama Sumut Temui Jokowi Agar Cak Imin Wapres 2019

Duet Jokowi dan Cak Imin dinilai akan saling melengkapi dan menjadi jawaban bahwa pemerintah peka terhadap masalah keumatan.

Muhaimin Iskandar menerima kunjungan ulama asal Sumatera Utara di kantor DPP PKB, Jakarta, Selasa (06/03).

Jakarta – Puluhan ulama dan ustad dari Sumatera Utara diterima Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Selasa siang (06/03). Setelah ditemui Presiden, para ulama ini menyampaikan hasil pertemuan mereka pada Ketum PKB Abdul Muhaimin Iskandar di kantornya. 

Kepada Presiden, para ulama menyampaikan aspirasinya soal situasi keumatan yang memprihatinkan.

"Kepada Presiden tadi kami menyampaikan bahwa situasi keumatan saat ini cukup memprihatinkan. Secara ekonomi, sosial dan politik masih bermasalah,” kata juru bicara ulama Sumut, Ustad Zulfan Effendi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tapanuli Selatan di kantor DPP PKB, Jl Raden Saleh No 9, Jakarta Pusat, Selasa (06/03)..

Kondisi itu mendorong para ulama menyampaikan aspirasi agar Jokowi menggandeng wakilnya dari kalangan santri.

“Kami sampaikan ke pak Jokowi tadi agar pendamping beliau di 2019 nanti dapat kiranya adalah orang yang cinta pesantren, cinta ulama. Itulah pak Muhaimin. Sehingga nasib pesantren terangkat," ujarnya.

Duet Jokowi dan Cak Imin dinilai akan saling melengkapi dan menjadi jawaban bahwa pemerintah peka terhadap masalah keumatan.

"Pak Jokowi sebagai simbol nasionalis perlu dilengkapi dengan sosok Islam. Kami anggap pak Muhaiminlah yang pas memegang peran ini," tegasnya. 

Menanggapi dukungan ini, Cak Imin mengajak antartokoh Islam bersatu mencari solusi untuk memperbaiki masalah keumatan. Perbedaan jangan dijadikan hambatan untuk sesuatu yang lebih baik. 

"Perbedaan-perbedaan yang muncul di antara umat Islam hendaknya dinilai sebagai perbedaan furu`iyah saja (bukan prinsip), bukan perbedaan usuliyah (prinsip). Jadi buat apa kita saling curiga dan mengecilkan? Antar umat Islam harus selalu khusnudzon. Pasti bisa rukun kalau tidak saling curiga," katanya. 

Pertemuan itu ditutup dengan sholat magrib berjamaah. Para ulama datang di antaranya dari Kabupaten Tapanuli Selatan, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal, Padang Sidempuan, dan Kota Medan.

TAGS : Jokowi-Cak Imin Pilpres 2019 Ulama




TERPOPULER :