Minggu, 20/10/2019 12:47 WIB

Sehat Mental Bisa Berumur Panjang

Penelitian tersebut mengambil sampel pada sembilan desa terpencil di wilayah Cilento di Italia selatan. Di sana, ratusan penduduk berusia lebih dari 90 tahun.

Ilustrasi Orang Tua

Jakarta - Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas California menyebutkan bahwa memiliki kesehatan mental seperti mempunyai sifat tegar dan optimistis bisa membuat seseorang berumur panjang.

Penelitian tersebut mengambil sampel pada sembilan desa terpencil di wilayah Cilento di Italia selatan. Di sana, ratusan penduduk berusia lebih dari 90 tahun. Penelitian tersebut memusatkan perhatian pada 29 di antaranya, yang berusia antara 90 sampai 101 tahun.

Dalam penelitian tersebut meski para tetua ini memiliki kesehatan fisik yang lebih buruk daripada anggota keluarga yang lebih muda, namun mereka memiliki kesehatan mental yang lebih baik.

"Ada sejumlah penelitian tentang orang dewasa yang sangat tua, tapi kebanyakan berfokus pada genetika, bukan kesehatan mental atau kepribadian mereka," kata penulis senior Dr. Dilip Jeste dilansir UPI.

Jeste merupakan seorang profesor psikiatri dan neurosains di University of California, San Diego School of Medicine.

"Tema utama yang muncul dari penelitian kami, dan tampaknya merupakan fitur unik yang terkait dengan kesehatan mental masyarakat pedesaan ini, positif, etos kerja, keras kepala dan ikatan yang kuat dengan keluarga, agama dan tanah," kata Jeste.

"Kasih kelompok atas tanah mereka adalah tema yang umum dan memberi mereka tujuan hidup. Sebagian besar masih bekerja di rumah dan di tanah mereka. Mereka berpikir, `Inilah hidup saya dan saya tidak akan memberikannya," ujarnya.

Para periset juga menemukan bahwa orang tua yang sangat tua memiliki kepercayaan diri dan keterampilan membuat keputusan yang signifikan dibandingkan dengan orang berusia 50, 60an dan 70an.

"Paradoks penuaan ini mendukung gagasan bahwa kesejahteraan dan kebijaksanaan meningkat seiring bertambahnya usia, meski kesehatan fisiknya gagal," kata Jeste, seorang profesor asal Italia.

Para peneliti berencana untuk terus mengikuti para peserta."Mempelajari strategi individu yang sangat berumur panjang dan hidup baik, yang tidak hanya bertahan tetapi juga berkembang dan berkembang, meningkatkan pemahaman kita tentang kapasitas kesehatan dan fungsional di semua kelompok usia,"lanjutnya. 

TAGS : Tips Kesehatan Kesehatan Mental Umur Panjang




TERPOPULER :