Jum'at, 26/04/2024 14:14 WIB

Ini Senjata Pembunuh yang Digunakan pada Zaman Purba

Pernah terpikir gak sih, senjata apa yang digunakan oleh manusia purba ribuan tahun yang lalu?

Tengkorak manusia purba (foto: Science)

Jakarta - Pernah terpikir gak sih, senjata apa yang digunakan oleh manusia purba ribuan tahun yang lalu? Jangan bayangkan dulu ada senjata pistol atau pisau untuk membunuh lawan, bahkan membuat api pun, manusia purba masih menggunakan cara tradisional, yakni menggesekkan kayu atau batu.

Nah, baru-baru ini arkeolog telah menemukan jenis senjata yang paling banyak digunakan pada zaman Neolitikum. Senjata bernama pemukul Thames ini adalah sebilah kayu berbentuk pentungan, yang diperkirakan berusia 5.500 tahun. Jika melihat ukuran dan bentuknya, senjata primitif ini cukup untuk memecahkan kepala manusia. Wow, ngeri ya.

(Senjata manusia purba era Neolitikum | foto: Science)

Dikutip dari Science, arkeolog menemukan banyak bukti kekerasan di Eropa Barat dan Tengah selama periode Neolitikum. Di antaranya fosil manusia purba dengan kondisi tengkorak yang sudah patah, dan diduga disebabkan oleh pukulan disengaja ke kepala.

"Tidak satu orang pun pernah mencoba mengidentifikasi mengapa ada luka tumpul di era tersebut," kata kepala penelitian asal University of Edinburg, Meaghan Dyer.

"Kami sadar, mereka mulai menciptakan senjata," sambungnya.

Pada periode selanjutnya, yakni Zaman Perunggu, manusia sudah mampu membuat senjata dari besi, seperti pedang dan pisau belati. "Sebuah busur dan anak panah pada zaman sebelumnya (Neolitikum, Red) bisa digunakan untuk berburu, namun juga bisa untuk menembak orang lain," kata Dyer.

"Kami ingin melihat apakah kami bisa menemukan metode yang benar-benar efisien untuk menentukan, alat mana yang dapat digunakan sebagai senjata," ujarnya.

KEYWORD :

Unik Manusia Purba Arkeologi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :