Sabtu, 27/04/2024 11:53 WIB

Paskibraka, Ikthiar Menyiapkan Generasi Muda Unggul

Paskibraka tidak hanya berlatih baris berbaris, dan mengibarkan bendera. Namun selama pelatihan mereka juga diberikan pendidikan kepemimpinan dan juga kewarganegaraan.

Menpora Imam Nahrawi bersama Paskibraka 2017

Jakarta – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) telah selesai menjalankan tugasnya mengibarkan dan menurunkan bendera pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di Istana Negara. Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi menyampaikan apresiasi atas kelancaran dan suksesnya tugas yang diemban oleh 68 putra-putri terbaik dari 34 provinsi di seluruh Indonesia itu,  saat menerima kunjungan Paskibraka di ruang kerjanya, Jumat Siang (18/8).

“Inilah bentuk komitmen dan ikhtiar kami untuk tidak henti-hentinya berkontribusi menyiapkan generasi muda yang unggul bagi bangsa ini. Dibalik negara yang hebat ada pemuda-pemudi yang kuat dan tangguh seperti adik-adik anggota Paskibraka di depan saya ini,” ujar Imam Nahrawi sambil mengajak anggota Paskibraka untuk melihat-lihat ruang kerjanya.

Imam juga menyatakan kelegaannya karena prosesi upacara yang berlangsung kemarin berlangsung lancar dan khidmat, karena kementeriannya menjadi penanggungjawab dari bagian terpenting yang selalu ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia dalam rangkaian peringatan Detik-Detik Kemerdekaan Indonesia setiap tahun di Istana.

“Mulai tahun ini, Kemenpora (Pemerintah Pusat) hanya melakukan pelatihan terhadap putra-putri terpilih yang berasak dari proses seleksi kompetitif di daerahnya masing-masing. Pelatihan PASKIBRAKA telah dimulai sejak 26 Juli 2017 di Pusat Pelatihan Paskibraka, Cibubur, Jakarta,” jelas Imam.

Lebih jauh menurut Cak Imam, panggilan akrab Menpora, Paskibraka tidak hanya berlatih baris berbaris, dan mengibarkan bendera. Namun selama pelatihan mereka juga diberikan pendidikan kepemimpinan dan juga kewarganegaraan, sehingga diharapkan mereka akan menjadi teladan dari sikap nasionalisme dan cinta tanah air di kalangan anak-anak muda.4

“Setelah menjadi Paskibraka, maka tanggung jawab ke depan telah menanti, kalian harus menjadi virus positif yang memberi pengaruh yang baik di lingkungannya masing-masing, baik dalam sikap, perbuatan dan tingkah laku. Kalian adalah cerminan generasi muda Indonesia yang bisa dibanggakan dan andalan negeri ini di masa depan,” harap Cak Imam kepada anggota Paskibraka.

Pertemuan ini ditutup dengan acara berfoto bersama dan satu persatu anggota Paskibraka berfoto di meja kerja Menpora. “Semoga momen ini tidak terlupakan dan akan selalu dikenang oleh kita semua. Kemenpora adalah rumah dari semua anak-anak muda Indonesia yang keren dan hebat,” tandas Menteri asal Bangkalan, Madura ini.

KEYWORD :

Paskibraka Kemenpora




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :