Sabtu, 27/04/2024 02:24 WIB

KSP Kunjungi Produsen Alkes, Moeldoko: Saya Bangga Produk Lokal Bantu Pemerintah

PT Taishan menambahkan tenaga kerja hingga mendekati 1.200 orang, agar daya produksi meningkat hingga 1.200.000 pieces per hari

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko (tengah) didampingi Komisaris PT Taishan Alkes Indonesia, Cahyadi Burhan (kanan) dan Dirut PT Taishan Alkes Indonesia, Eiko Sihombing (kiri) saat melakukan peninjauan ke produsen alkes dalam negeri yang memproduksi alat swab antigen Covid-19, PT Taishan Alkes Indonesia, Jumat (27/8).

Jakarta, Jurnas.com - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko merasa bangga setelah menyaksikan langsung proses produksi alat-alat kesehatan (Alkes) swab antigen milik PT Taishan Alkes Indonesia.

Selain mampu bersaing dengan produk impor, perusahaan dalam negeri itu juga membantu pemerintah dalam hal memperluas lapangan pekerjaan bagi tenaga kerja di Indonesia.

“Saya bersyukur bisa melihat secara langsung kegiatan produksi PT Taishan. Melihatnya saja saya bangga, ternyata ada PT Taishan yang sedang produksi swab antigen dengan harga yang sangat bersaing serta bisa menimbulkan multiple effect dari pabrik ini,” kata Moeldoko saat melakukan peninjauan ke kawasan produksi alat Swab Antigen Covid-19 milik PT Taishan Alkes Indonesia, Jumat (27/8/2021).

Saat melakukan kunjungan ke PT Taishan Alkes Indonesia, Moeldoko didampingi Dirut PT Taishan Alkes Indonesia, Eiko Sihombing serta Komisaris PT Taishan Alkes Indonesia, Cahyadi Burhan.

Moeldoko mengatakan, tenaga kerja yang bekerja di  PT Taishan Alkes Indonesia saat ini tentu memiliki pengaruh yang sangat signifikan dalam mengurangi jumlah pengangguran. 

“Dari 800 karyawan yang dimiliki PT Taishan, tentu akan lebih bermanfaat dan membantu pemerintah. Sebab kami punya perhatian masalah lapangan pekerjaan, dan ini akan saya sampaikan kepada presiden,” tegasnya.

Dari sisi harga, Mantan Panglima TNI ini juga mengakui alat swab antigen PT. Taishan Alkes Indonesia lebih murah. “Selain harganya mampu bersaing, PT Taishan Alkes Indonesia juga membuka lapangan pekerjaan, tentu ini membantu pemerintah,” ujarnya.

Kepada PT Taishan Alkes Indonesia, Moeldoko berharap produsen alat swab antigen Covid-19 ini terus optimis dalam membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19.

“Kita harus optimis dan saya akan jadi jembatan ke pemerintah, agar terjadi keberlanjutan yang pasti bersama PT. Taishan dan mestinya pemerintah memiliki bagian dalam menghidupi produsen alat swab antigen dalam negeri," ujarnya.

Di tempat yang sama, Dirut PT Taishan Alkes Indonesia, Eiko Sihombing mengatakan PT Taishan Alkes Indonesia adalah produsen dalam negeri yang bergiat membantu pemerintah Indonesia dalam menangani Covid-19 sejak bulan Juli tahun 2020.

Kini, lanjut Eiko, PT Taishan Alkes Indonesia telah menjadi produsen dalam negeri untuk produk antigen dan antibodi yang sudah membuka lapangan pekerjaan hingga 1.200 orang.

“Bahkan kami sanggup memproduksi hingga mencapai 1.200.000 pcs per hari. Saat ini kami sudah berkolaborasi dengan produsen lokal seperti produsen Swab-stick, Absorbant (Silica Gel), kaset, Foil dan Boxing local,” tuturnya.

Berkembangnya PT Taishan Alkes Indonesia, lanjut Eiko, juga memberi harapan baru dalam menghidupkan kembali pabrik-pabrik yang hampir tutup karena hantaman badai Covid-19, dan kolaborasi yang tercipta diantara produsen lokal.

”Kami telah membuka dengan lebar lapangan pekerjaan hingga mencapai 6.000 tenaga kerja secara menyeluruh, dengan produsen lokal lainnya yang bergandengan tangan dengan kami," jelasnya.

"Bahkan ekspansi pabrik kami telah menambahkan tenaga kerja hingga mendekati 1.200 orang, agar daya produksi dapat ditingkatkan sampai 1.200.000 pieces per hari. Artinya kami akan terus berusaha agar dapat menyanggupi kebutuhan dalam negeri dan bahkan ekspor ke luar negeri,” jelasnya.

Eiko menuturkan, Kementerian Kesehatan juga memberikan dukungannya melalui pemberian Izin Edar Alat Kesehatan Dalam Negeri (AKD). Demikian juga Kementerian Perindustrian yang ikut memberikan penilaian sangat baik kepada PT Taishan Alkes Indonesia, sehingga produsen alkes dalam negeri itu menerima sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 48 persen, ISO 9001, ISO 13485 dan CE.

”Kami menyimpan sebuah harapan besar bahwa melalui kunjungan Pak Moeldoko, kami mendapatkan perhatian untuk menjadi partner bagi pemerintah pusat, bahkan sampai tingkat daerah dalam penanggulangan Covid-19," ungkapnya.

Lebih dari itu, PT. Taishan Alkes Indonesia juga dapat membuka mata serta perhatian kita akan adanya produsen lokal yang ikut berperan serta secara proporsional mendukung program Bapak Presiden Jokowi untuk membeli produk lokal, terlebih lagi dalam penanganan Covid-19.

Eiko menegaskan bahwa selain menjalankan bisnis, PT Taishan Alkes Indonesia juga berorientasi dalam usaha membantu pemerintah dengan membuka lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia. 

“Kami bertekad membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, karena itu semangat PT Taishan Alkes Indonesia juga,” tutup Eiko Sihombing, Dirut PT Taishan Alkes Indonesia. 

KEYWORD :

KSP Moeldoko PT Taishan Alkes swap antigen tenaga kerja




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :