Sabtu, 27/04/2024 15:14 WIB

Telisik Korupsi Yan Anton, Rumah Ketua DPRD Banyuasin Disasar KPK

Dari tiga lokasi itu, kata Yuyuk, tim menyita sejumlah dokumen

Plh Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati (metrobali.com)

Jakarta - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah tiga tempat terkait proses penyidikan kasus dugaan korupsi yang menjerat Bupati setempat Yan Anton Ferdian. Salah satunya rumah Ketua DPRD Banyuasin, Agus Salam.

Demikian disampaikan Plh Kabiro Humas KPK, Yuyuk Andriati. Sementara dua tempat lainnya yang digeledah yakni rumah Kepala Dinas Kesehatan M Hakim di Palembang, kemudian rumah Robby Sandes selaku Kabag Humas Banyuasin, Palembang.

Dari tiga lokasi itu, kata Yuyuk, tim menyita sejumlah dokumen. Meski tak dirinci, dokumen itu berkaitan dengan tindak pidana yang tengah disangkakan oleh KPK terhadap Yan Anton.

"Dari 3 lokasi penyidik menyita sejumlah dokumen," kata Yuyuk, Jumat (18/11).

Yan Anton sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK setelah ditangkap tangan. Yan dalam kasus ini diduga menjanjikan sebuah proyek di Dinas Pendidikan Banyuasin kepada pengusaha yang merupakan direktur CV Putra Pratama, Zulfikar Muharrami.

Yan Anton dalam menjalankan aksinya dibantu oleh sejumlah bawahannya. Pertama, Yan menghubungi Rustami yang merupakan Kasubag Rumah Tangga di Pemda Banyuasin. Rustami lalu menghubungi Umar Usman, Kepala Dinas Pendidikan.

Umar dibantu anak buahnya, Sutaryo, lalu menghubungi seorang pengepul bernama Kirman. Barulah Kirman menghubungi Zulfikar untuk menawarkan proyek di Dinas Pendidikan dengan syarat harus menyetor Rp 1 miliar.

KPK mengamankan uang sebesar Rp 229,8 juta dan 11.200 dolar Amerika Serikat dari Yan Anton dalam oprasi tangkap tangan Minggu (4/9) lalu itu. Dari Sutaryo, KPK menyita Rp 50 juta yang diduga merupakan bonus dari Yan Anton.

KPK menyita bukti setoran biaya naik haji ke sebuah biro sebesar Rp 531.600.000 untuk dua orang atas nama Yan Anton dan istri dari tangan Kirman. Yan Anton diduga menggunakan uang dari Zulfikar untuk menunaikan ibadah haji‎.‎‎

KEYWORD :

KPK Korupsi Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :