Sabtu, 27/04/2024 08:48 WIB

Mantan Deputi Kependudukan DKI Jabat Sekjen Kemdikbud

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim melantik delapan pejabat tinggi madya, pratama, dan fungsional di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Sekretaris Jenderal Kemdikbudristek, Suharti (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim melantik delapan pejabat tinggi madya, pratama, dan fungsional di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

"Saya percaya Saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan," kata Mendikbudristek saat melantik para pejabat di Plaza Insan Berprestasi, Kantor Kemdikbudristek, Senayan, Jakarta, pada Selasa (24/8).

Dalam sambutannya, Menteri Nadiem mengungkapkan bahwa selama dua tahun terakhir, Kemdikbudristek mengalami dinamika yang cukup luar biasa. Dinamika yang pertama adalah dua kali perubahan organisasi, yakni pada 2019 dengan bergabungnya kembali unsur pendidikan tinggi. Kemudian, pada 2021 dengan bergabungnya unsur riset dan teknologi. Selain itu, dinamika besar kedua adalah terjadinya pandemi Covid-19 yang berdampak pada dunia pendidikan dan kebudayaan.

"Oleh karena itu, kita perlu meningkatkan kinerja dan menguatkan kolaborasi guna menghadirkan layanan yang terbaik di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi," ungkap Nadiem.

Mendikbudristek melantik Suharti sebagai Sekretaris Jenderal Kemdikbudristek menggantikan Ainun Na’im. Sebelumnya, Suharti menjabat sebagai Deputi Gubernur bidang Pengendalian Kependudukan dan Permukiman Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2019-2021.

Alumni program doktor Australian National University ini juga pernah menjabat sebagai Kepala Biro Perencanaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2015-2019. Ia juga merupakan lulusan terbaik dengan prestasi istimewa dari Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan VI Tahun 2019.

Suharti mengatakan tugas dan tanggung jawab yang akan diembah cukup menantang. Ia merasa terpanggil untuk ikut membantu upaya-upaya yang dilakukan Kemdikbudristek dalam memperbaiki dampak pandemi yang dihadapi masyarakat.

"Jadi, ini memang panggilan hati saya untuk bisa kembali membantu di Kemdikbudristek," kata perempuan kelahiran Lampung tersebut.

Dalam kesempatan itu, Nadiem juga melantik Irini Dewi Wanti sebagai Direktur Pelindungan Kebudayaan di lingkungan Direktorat Jenderal Kebudayaan, serta melantik sejumlah rektor perguruan tinggi.

Sederet rektor yang dilantik ialah Ojat Darojat sebagai Rektor Universitas Terbuka periode 2021–2025, Ridha Ajam sebagai Rektor Universitas Khairun periode 2021–2025, Beatus Tambaip sebagai Rektor Universitas Musamus periode 2021–2025, dan I Nyoman Gde Antara sebagai Rektor Universitas Udayana periode 2021–2025. Serta melantik Ahmad Nuriyanis sebagai Direktur Politeknik Maritim Negeri Indonesia periode 2021–2025.

KEYWORD :

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim Sekjen Kemdikbudristek Suharti




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :