Jum'at, 26/04/2024 14:20 WIB

Gandakan Pasokan Air, Hubungan Israel-Yordania Makin Harmonis

Israel memberi kerajaan 30 juta meter kubik per tahun di bawah perjanjian damai 1994 mereka.

Bendera Yordania berkibar (Foto: Raad Adayleh/AP)

Jakarta, Jurnas.com - Israel tahun ini akan menggandakan pasokan air ke Yordania. Hal itu disampaikan pejabat Israel setelah pertemuan antara menteri luar negeri negara tersebut.

Dilansir Middleeast, Jumat (09/07), Pejabat itu juga menambahkan bahwa ekspor Amman ke Palestina di Tepi Barat yang diduduki juga dapat meningkat.

Yair Lapid, menteri luar negeri dalam koalisi lintas-partisan yang menggulingkan pemerintahan konservatif Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sebulan lalu, mengatakan Israel akan menjual 50 juta meter kubik air ke Yordania tahun ini.

"Pengiriman itu akan secara efektif menggandakan pasokan untuk tahun ini – diukur antara Mei 2021 dan Mei 2022 – karena sekitar 50 juta meter kubik sudah dijual atau diberikan ke Yordania," ujarnya.

Seorang pejabat Yordania mengatakan Israel memberi kerajaan 30 juta meter kubik per tahun di bawah perjanjian damai 1994 mereka.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan setelah dia mengadakan pertemuan pertama di Yordania dengan Menteri Luar Negerinya, Ayman Safadi, Lapid mengatakan negara-negara tersebut juga sepakat untuk mengeksplorasi peningkatan ekspor Yordania ke Tepi Barat menjadi $700 juta per tahun, dari $160 juta sekarang.

"Kerajaan Yordania adalah tetangga dan mitra yang penting. Kami akan memperluas kerja sama ekonomi untuk kebaikan kedua negara," kata Lapid dilansir Middleeast, Jumat (09/07).

Israel sebelumnya telah dituduh mempersenjatai air yang dipasok ke Yordania untuk membujuk pemerintah di Amman untuk mendukung pencaplokan sepihak atas backpedal tanah Palestina.

KEYWORD :

Pasokan Air Pemerintah Israel Wilayah Yordania




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :