Jum'at, 03/05/2024 06:57 WIB

Kapal Militer Terbesar Iran Terbakar lalu Tenggelam

Kapal angkatan laut terbesar Iran, Kharg, tenggelam pada Rabu (2/6) setelah terbakar di Teluk Oman. Beruntung, para awak kapal berhasil diselamatkan.

Kapal angkatan laut Iran, Kharg (Foto: Reuters)

Teheran, Jurnas.com - Kapal angkatan laut terbesar Iran, Kharg, tenggelam pada Rabu (2/6) setelah terbakar di Teluk Oman. Beruntung, para awak kapal berhasil diselamatkan.

Tidak ada penjelasan lebih lanjut yang diberikan atas insiden terbaru di wilayah perairan sensitif itu, di mana ada tuduhan serangan terhadap kapal-kapal milik musuh bebuyutan Iran dan Israel.

TV pemerintah mengatakan kebakaran di kapal angkatan laut dengan tonase tertinggi Iran dimulai sekitar pukul 02:25 Rabu dini hari di dekat pelabuhan Jask Iran, di mana kapal itu sedang dalam misi pelatihan.

"Semua upaya untuk menyelamatkan kapal tidak berhasil dan tenggelam," demikian laporan kantor berita semi-resmi Fars.

Pada April lalu, Iran mengatakan salah satu kapalnya, Saviz, telah menjadi sasaran di Laut Merah, setelah media melaporkan kapal itu telah diserang dengan ranjau limpet.

Itu terjadi setelah Israel dan Iran saling menyalahkan atas serangkaian serangan yang dilaporkan terhadap kapal kargo sejak akhir Februari.

Iran menolak untuk mengakui Israel sejak Revolusi Islam pada 1979 yang menggulingkan Shah yang didukung AS. Israel melihat program nuklir Iran sebagai ancaman terhadap keberadaannya.

Insiden pengiriman telah terjadi sejak Presiden AS Joe Biden menjabat pada Januari, berjanji untuk bergabung kembali dengan kesepakatan penahanan nuklir Iran 2015 dengan enam kekuatan dunia, jika Teheran kembali sepenuhnya mematuhi kesepakatan tersebut.

KEYWORD :

Kapal Iran Kharg Insiden Tenggelam




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :