Jum'at, 19/04/2024 01:27 WIB

AS Lepas Tembakan Peringatan ke Kapal Iran di Teluk Persia

HdhdhAngkatan Laut AS telah menggunakan tembakan untuk mengejar kapal Iran di Teluk Persia untuk kedua kalinya dalam beberapa minggu.

Angkatan Laut AS telah menggunakan tembakan untuk mengejar kapal Iran di Teluk Persia untuk kedua kalinya dalam beberapa minggu.

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pertahanan AA melaporkan bahwa sebuah kapal penjaga pantai angkatan laut AS melepaskan dua tembakan senapan mesin sebagai peringatan untuk mendekati kapal Iran dengan cepat di Selat Hormuz pada hari Senin (10/05).

"13 kapal cepat milik kelompok paramiliter Iran, Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC), melakukan manuver tidak aman dan tidak profesional," bunyi pernyataan Pentagon dilansir DW, Selasa (11/05).

Kapal-kapal itu datang dalam jarak 150 yard (137 meter) dari beberapa kapal Angkatan Laut AS, termasuk kapal penjelajah berpeluru kendali, USS Monterey, sebelum berbalik.

"Sayangnya, pelecehan oleh Angkatan Laut IRGC bukanlah fenomena baru. Ini adalah sesuatu yang dilatih untuk semua perwira kami dan awak kapal kami," kata sekretaris pers Pentagon John Kirby.

"Kegiatan ini adalah jenis kegiatan yang dapat menyebabkan seseorang terluka dan dapat menyebabkan kesalahan perhitungan yang nyata di wilayah tersebut, dan itu tidak melayani kepentingan siapa pun."

USS Monterey telah mencegat sebuah kapal yang membawa pengiriman senjata pada hari Minggu di Laut Arab, yang tujuannya diduga adalah Yaman di mana pemberontak Houthi yang didukung Iran sedang berperang melawan pemerintah yang didukung Saudi.

Kirby mengatakan bahwa kapal Iran pada hari Senin bertindak sangat agresif. "Butuh dua putaran tembakan peringatan dari pemotong penjaga pantai Maui untuk menakut-nakuti kapal IRGC," katanya.

Peristiwa serupa terjadi akhir bulan lalu ketika kapal IRGC terlalu dekat dengan garis patroli di ujung utara Teluk Persia dekat Kuwait. Tembakan peringatan yang ditembakkan itu adalah yang pertama dalam hampir empat tahun.

AS dan Iran terlibat dalam negosiasi tidak langsung yang sedang berlangsung di Wina mengenai kemungkinan kembalinya kesepakatan nuklir Iran 2015.

 

KEYWORD :

Kapal Iran Amerika Serikat Teluk Persia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :