Sabtu, 20/04/2024 02:23 WIB

AS Lepas Tembakan Peringatan ke Kapal Iran

Sebuah kapal patroli Amerika Serikat melepaskan tembakan peringatan ke kapal perang Iran di Teluk Persia setelah mereka mendekat dengan kecepatan cepat dan datang dalam jarak dekat.

Kapal Iran, Bavand terlihat di dekat pelabuhan Paranagua, Brasil 18 Juli 2019. (Foto: Reuters)

Jakarta, Jurnas.com - Sebuah kapal patroli Amerika Serikat melepaskan tembakan peringatan ke kapal perang Iran di Teluk Persia setelah mereka mendekat dengan kecepatan cepat dan datang dalam jarak dekat.

Dilansir aa, Rabu (28/04), kapal Angkatan Laut Pengawal Revolusi Islam (IRGCN) ditutup dalam jarak 68 yard (62 meter) dari USS Firebolt dan USCGC Baranoff sementara kapal-kapal AS melakukan operasi keamanan maritim rutin di perairan internasional Senin malam.

"Awak AS mengeluarkan beberapa peringatan melalui radio jembatan-ke-jembatan dan perangkat pengeras suara, tetapi kapal IRGCN melanjutkan manuver jarak dekat mereka," katanya. 

"Awak Firebolt kemudian melepaskan tembakan peringatan, dan kapal IRGCN menjauh ke jarak yang aman dari kapal AS," tambahnya.

Firebolt adalah kapal patroli Angkatan Laut AS sedangkan Baranoff adalah kapal patroli Penjaga Pantai.

Terakhir kali AS melepaskan tembakan peringatan ke kapal Iran adalah pada Juli 2017, hampir empat tahun lalu.

Insiden pada hari Senin terjadi ketika AS dan Iran terlibat dalam pembicaraan tidak langsung di Wina tentang upaya untuk membawa kedua negara kembali mematuhi perjanjian nuklir 2015 yang ditarik oleh mantan Presiden AS Donald Trump tiga tahun kemudian.

Keputusan Trump, yang dibuat bertentangan dengan rekomendasi semua peserta kesepakatan lainnya, mendahului langkah tambahannya untuk menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Iran yang dicabut di bawah Rencana Aksi Komprehensif Bersama.

Iran pada gilirannya menarik diri dari komitmen nuklirnya, berharap untuk memberikan tekanan pada penandatangan kesepakatan lainnya.

KEYWORD :

Kapal Iran Tembakan Peringatan Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :