Sabtu, 27/04/2024 03:54 WIB

Menhan Ingin Pinjaman Rp1.760 triliun, GMNI Pertanyakan Konsistensi Prabowo

Rencana pak Prabowo menurut GMNI sangat tidak etis.

Ketua Umum DPP GMNI, Arjuna Putra Aldino

Jakarta, Jurnas.com - Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) mengkritik keras rencana Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang ingin mengambil utang luar negeri setara Rp 1.760 triliun untuk membeli sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Ketua Umum DPP GMNI Arjuna Putra Aldino mempertanyakan konsistensi Prabowo yang di sejumlah pentas politik nasional getol mengeluarkan propaganda soal utang pemerintah. Bahkan menyebut pemerintah sebagai pencetak utang.

"Bukannya pak Prabowo dulu sangat getol mencibir utang pemerintah? Kok sekarang jadi menteri penimbun utang. Sangat disayangkan ini sama seperti menjilat ludah sendiri. Tentu ini membodohi rakyat Indonesia. Tidak mendidik", ujar Arjuna, Selasa (1/5/2021).

GMNI juga mempertanyakan konsistensi Prabowo soal isu anti asing/aseng dan isu kebocoran anggaran yang sering ia utarakan untuk menyerang lawan politiknya.

Kini justru berubah menjadi pejabat yang ingin mempelopori utang luar negeri dengan jumlah yang fantastis. Publik tentu akan menilai kesesuaian antara retorika dengan tindakan pak Prabowo.

"Dulu kritik keras, propaganda sana-sini, soal isu kita dikuasai asing lah, kebocoran anggaran lah. Sekarang mau utang dari asing, sekarang bukan lagi bocor tapi ngluber. Ini namanya Jarkoni, tidak sesuainya ucapan dan tindakan. Tentu rakyat tidak lupa. Ironis", tambah Arjuna

Bukan hanya itu, Arjuna juga mewanti-wanti bahwa sektor pertahanan berdasarkan indeks anti-korupsi yang dirilis oleh Transparency International yang meliputi anggaran, personel, operasional, dan pengadaan—kluster pengadaan mendapat nilai buruk.

Sektor pertahanan masih terperosok dalam kerahasiaan atas informasi mengenai kebijakan dan prosedur perusahaan yang tidak memadai untuk melindungi dari korupsi.

"Jika ingin menggunakan uang rakyat atau atas nama negara, pengelolaannya harus tetap akuntabel dan prudent. Walaupun ada rahasia negara, tapi tetap harus jelas peruntukannya," katanya.

"Kejelasan ini dibuktikan dengan roadmap pertahanan yang terencana dan sistematis. Tidak ujug-ujug, tanpa ada kejelasan terkait kebutuhan TNI sebagai user dan ancaman nasional kita", lanjut Arjuna

Ia menilai utang tidak diharamkan apabila diperuntukkan untuk kebutuhan yang jelas dan tepat sasaran. Namun utang dapat merugikan negara dan patut dikritik apabila tidak disertai dengan analisis kebutuhan dan proyeksi yang matang.

Apalagi ditengah kondisi pandemi seperti sekarang ini, Arjuna menyebut ekonomi sedang lesu, rakyat banyak yang sengsara, UMKM banyak yang bangkrut karena pembatasan sosial. Karenanya rencana pak Prabowo menurut GMNI sangat tidak etis.

"Rakyat lagi sengsara, usahanya banyak yang bangkrut, kehilangan pekerjaan karena PHK massal. Ini malah mau menghambur-hamburkan uang negara, pesta pora anggaran. Sangat tidak etis," tambah Arjuna

GMNI memperingatkan kepada seluruh jajaran pemerintah untuk fokus membantu Presiden Jokowi menyelesaikan masalah pandemi yang menyulitkan rakyat Indonesia.

Kemhan pun diminta tidak melakukan pemborosan anggaran, dan lebih mementingkan kepentingan rakyat dibanding libido politiknya di tahun 2024.

"Kami kira tidak ada visi menteri, yang ada visi Presiden. Sebagai pembantu Presiden ya harus fokus membantu Presiden menyelesaikan kesulitan rakyat di masa pandemi. Tidak boleh ada visi tersembunyi, apalagi ada anggaran yang diharuskan habis tahun 2024, ini tidak masuk akal," tutup Arjuna

KEYWORD :

Arjuna Putra Aldino GMNI Menteri Pertahanan Prabowo Subianyo pandemi covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :