Sabtu, 27/04/2024 11:46 WIB

Harkitnas, Sonny Danaparamita: Gotong Royong Atasi Pandemi dan Pulihkan Ekonomi

Tiga fokus gotong royong di masa pandemi

Sonny T Danaparamita, Anggota Komisi VI DPR RI, Fraksi PDI Perjuangan

Jakarta, Jurnas.com - Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Sonny T Danaparamita mengajak semua pihak memanfaatkan momentum Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 20 Mei 2021 untuk gotong royong mengatasi pandemi covid-19 dan mendukung pemulihan ekonomi nasional.

"Secara historis, kekuatan gotong royong inilah yang membuat kita bertahan sejak jaman penjajahan, hingga pada masa pandemi sekarang ini," kata Sonny, Kamis (20/05/2021).

Wakil rakyat dari Dapil Jatim III ini menjelaskan, setidaknya ada tiga konsep gotong royong yang perlu terus dilakukan di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Pertama adalah gotong royong dalam menyukseskan vaksinasi Covid-19, kedua gotong royong dalam membranding/promosi produk lokal, serta ketiga gotong royong dalam memberi support bagi pengembangan UMKM dan ekonomi kerakyatan.

"Konsep gotong royong dalam upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi ini perlu terus di tingkatkan," tegasnya.

Legislator Komisi VI DPR ini menjelaskan, program vaksinasi akan sukses apabila semua masyarakat ikut bergotong royong mendukung, sehingga penyebaran Covid 19 bisa cepat dikendalikan.

Selanjutnya, konsep gotong royong dalam mempopulerkan produk lokal juga perlu terus digalangkan sehingga masyarakat lebih tertarik membeli produk lokal dan membatasi masuknya barang impor.

Sedangkan, untuk menunjang daya beli produk lokal, Sonny mengatakan bahwa pemerintah perlu memberi support pada sektor UMKM, karena sektor UMKM menjadi motor penggerak ekonomi kerakyatan.

"Secara konsep, sebuah upaya bahu membahu melalui tiga hal tersebut di sangat efektif dilakukan agar mempercrpat pemulihan ekonomi" katanya.

Tak kalah penting, Sonny mengajak masyarakat untuk terlibat aktif melakukan mitigasi penanganan Covid-19 secara mandiri, yang paling utama adalah dengan menaati protokol kesehatan,

Pria yang juga Ketua DPP Persatuan Alumni GMNi ini juga setuju dengan ajakan pemerintahan Jokowi yang disampaikan oleh Sri Mulyani dalam Rapat Paripurna DPR RI saat menyampaikan Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal RAPBN Tahun Anggaran 2022.

"Optimisme dan keyakinan kita bahwa setelah kesulitan akan datang kemudahan dapat memudahkan kita dalam mewujudkan negara yang baldatun thoyibatun warobbun ghofur atau Indonesia yang gemah ripah loh jinawi", tegas Sonny.

"Dengan bergotong royong dan selalu saling mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, insyaallah kita akan segera dapat melakukan lompatan yang lebih tinggi", tutup anggota Komisi VI DPR RI ini.

KEYWORD :

Sonny T. Danaparamita Komisi VI DPR RI PDI Perjuangan gotong royong Covid-19 UMKM




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :