Rabu, 24/04/2024 19:22 WIB

WHO Sebut Produsen Vaksin COVID-19 Perlu Adopsi Cara AstraZeneca

WHO menyerukan agar lebih banyak produsen mengadopsi model ini untuk meningkatkan pasokan, termasuk untuk program berbagi vaksin COVAX yang berupaya mempercepat lebih banyak tembakan ke negara-negara berkembang.

Vaksin Covid-19 AstraZeneca (Foto: BBC/Getty Images)

Jenewa, Jurnas.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, produsen vaksin COVID-19 harus mengikuti petunjuk dan lisensi teknologi AstraZeneca ke produsen lain.

Tembakan AstraZeneca, yang menurut data Amerika Serikat (AS) baru pada Senin (22/3) menunjukkan aman dan efektif meskipun beberapa negara menangguhkan inokulasi karena masalah kesehatan, sedang diproduksi di berbagai lokasi termasuk SKBioScience Korea Selatan dan Serum Institute of India.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus menyerukan agar lebih banyak produsen mengadopsi model ini untuk meningkatkan pasokan, termasuk untuk program berbagi vaksin COVAX yang berupaya mempercepat lebih banyak tembakan ke negara-negara berkembang.

"Kesenjangan antara jumlah vaksin yang diberikan di negara-negara kaya dan jumlah yang diberikan melalui COVAX terus meningkat dan menjadi semakin aneh setiap hari," kata Tedros pada konferensi pers.

"Distribusi vaksin yang tidak adil bukan hanya kemarahan moral. Ini juga merugikan diri sendiri secara ekonomi dan epidemiologis," sambung dia.

Sebelumnya, AstraZeneca merilis data sementara yang menunjukkan vaksin, yang dikembangkan bersama Universitas Oxford, 79 persen efektif dalam mencegah gejala COVID-19 dan tidak menimbulkan peningkatan risiko penggumpalan darah.

Kepala ilmuwan WHO, Soumya Swaminathan menyebutnya sebagai vaksin yang sangat baik untuk semua kelompok umur.

Swedia, Norwegia, Finlandia dan Denmark telah memperpanjang penangguhan suntikan AstraZeneca karena investigasi berlanjut ke peristiwa pembekuan darah yang langka.

Meski begitu, pejabat WHO mengatakan negara-negara Afrika yang mendapatkan vaksin melalui COVAX sedang bergerak maju. "Mereka memang mengajukan banyak pertanyaan tetapi permintaan vaksin sangat tinggi," kata penasehat senior WHO Bruce Aylward.

Masih mungkin bagi COVAX untuk mencapai target kuartal kedua dengan memberikan 300 juta dosis, kata Aylward, sambil mengakui "masalah tumbuh gigi", dengan SKBioSciences dan Serum Institute berusaha keras untuk memenuhi pesanan COVAX.

"Kami tidak bisa mendapatkan cukup vaksin," kata Aylward. "Kami berharap kedua perusahaan dapat meningkatkan dan mengikuti tingkat pengiriman yang kami tuju." (Reuters)

KEYWORD :

Organisasi Kesehatan Dunia Vaksin COVID-19 AstraZeneca




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :