Senin, 06/05/2024 05:35 WIB

Tips

Empat Jenis Ban Tidak Layak Pakai

Sebagai pemilik kendaraan, ada baiknya Anda mengetahui jenis dan tipe ban yang layak pakai untuk digunakan pada mobil atau motor kesayangan.

Laboratorium Pengujian ban 2016 / TUV

Jakarta – Sebagai pemilik kendaraan, ada baiknya Anda mengetahui jenis dan tipe ban yang layak pakai untuk digunakan pada mobil atau motor kesayangan.

Menggunakan ban yang tidak layak pakai akan sangat beriko bagi si pengendara. Pasalnya, ban mempunyai fungsi utama yang sangat vital menyangkut keselamatan dalam berkendara.

Bayu, pemilik bengkel mobil di bilangan Jati Asih, Bekasi, menjelaskan, ban yang disematkan pada sebuah kendaraan mempunyai beragam fungsi, misalnya mengurangi getaran saat melaju di jalanan, melindungi bagian roda dari kerusakan, memberikan kestabilan, dan mempermudah pergerakan kendaraan.

“Fungsi ban pada kendaraan cukup banyak, sebab ban adalah komponen terpenting untuk setiap kendaraan. Jika salah memilih atau menggunakannya maka akan membahayakan pengemudi atau penumpangnya ketika sedang melaju kencang,” ujar pria 33 tahun ini kepada Jurnas, Minggu (23/10)

Untuk mobil atau motor yang baru, biasanya ban standar pabrikan sudah terpasang dengan baik dan benar. Saat ini beragam tipe dan merek ban banyak beredar dipasaran. Anda pun dapat memilih ban sesuai dengan selera. Berikut empat jenis ban yang tidak layak pakai yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber:

  1. Ban Aus

Ban aus atau gundul mempunyai permukaan telapak ban licin baik di sisi bagian dalam ataupun bagian luar. Ban jenis ini akan mudah pecah, atau bocor dan dapat menimbulkan getaran pada mobil.

  1. Ban Vulkanisir

Ban Vulkanisir memiliki permukaan telapaknya sudah aus, yang kemudian dilapisi dengan telapak yang baru dengan cara dilem sehingga nampak baru. Kekuatan pelapis ini berbeda jauh dengan ban asli dan bisa kemungkinan ditengah jalan dapat mengelupas.

  1. Ban Daur Ulang

Jenis ban ini adalah ban bekas yang kembali diperbarui dengan cara memperdalam alur telapak pada ban. Biasanya ban ini dijual dengan harga yang sangat murah. Ban jenis ini pun dapat dengan mudah pecah atau bocor bahkan jika dipakai akan terasa kurang stabil.

  1. Ban Keras atau Retak

Ban jenis ini memiliki permukaan telapak dari sisi samping dalam dan luar terlihat mengeras dan retak-retak jika telah dipasang. Ban ini juga biasanya dijual lebih murah dari harga aslinya. [rafa]

 

 

KEYWORD :

Ban Mobil Ban Motor Ban Bekas Ban




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :