Jum'at, 26/04/2024 13:27 WIB

Media Pemerintah China Hapus Nama Jack Ma dari Daftar Pemimpin Wirausaha

Daftar ini diterbitkan pada Selasa (2/2) ketika Alibaba juga akan melaporkan pendapatan kuartalan terbarunya. 

Big Bos Alibaba, Jack Ma

Shanghai, Jurnas.com - Pendiri Alibaba Group, Jack Ma, tidak dimasukkan dalam daftar pemimpin wirausaha China yang diterbitkan media pemerintah. Hal itu menggarisbawahi seberapa jauh dia tidak disukai oleh Beijing.

Pengusaha paling terkenal di China tidak disebutkan dalam artikel halaman depan yang diterbitkan Shanghai Securities News. Sebaliknya, Ren Zhengfei dari Huawei Technologies, Lei Jun dari Xiaomi Corp, dan Wang Chuanfu dari BYD dipuji atas kontribusinya.

Daftar ini diterbitkan pada Selasa (2/2) ketika Alibaba juga akan melaporkan pendapatan kuartalan terbarunya. Raksasa e-commerce itu tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Katalis kejatuhan Ma di hadapan pemerintah China, menyusul pidatonya 24 Oktober yang mengecam sistem peraturan China. Hal itu menyebabkan penangguhan IPO Grup Ant senilai US $ 37 miliar hanya beberapa hari sebelum perusahaan raksasa fintech itu mendaftar.

Regulator sejak itu meluncurkan penyelidikan anti-trust ke sektor teknologi dengan Alibaba mengambil banyak tekanan, sementara peraturan yang lebih ketat untuk Ant Group juga sedang dipertimbangkan.

Ma, yang tidak dikenal karena menghindar dari pusat perhatian, kemudian menghilang dari mata publik selama sekitar tiga bulan, memicu spekulasi tentang keberadaannya. Dia muncul kembali bulan lalu dengan penampilan video 50 detik.

Shanghai Securities News mengatakan, sementara beberapa pengusaha yang dipuji pernah berperilaku seperti pahlawan sembrono dalam upaya melepaskan diri dari sistem ekonomi yang lama dan kaku, mereka sekarang memimpin sekelompok perusahaan yang menghormati aturan pembangunan dan mematuhi aturan pasar.

KEYWORD :

China Jack Ma Alibaba




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :