Selasa, 23/04/2024 16:55 WIB

Ngeri, Kapal Induk China Lintasi Selat Taiwan

China mengklaim Taiwan, yang memiliki pemerintahan sendiri yang demokratis sebagai wilayahnya, dan telah berjanji untuk mengambilnya suatu hari, dengan paksa jika perlu.

Kapal induk Tiongkok Shandong di Samudra Pasifik. (File foto: Handout/Kementerian Pertahanan Jepang/AFP)

JAKARTA, Jurnas.com -  Kementerian Pertahanan Taiwan  mengatakan, Tiga kapal China, termasuk kapal induk Shandong, melewati Selat Taiwan pada Sabtu (27/5).

China mengklaim Taiwan, yang memiliki pemerintahan sendiri yang demokratis sebagai wilayahnya, dan telah berjanji untuk mengambilnya suatu hari, dengan paksa jika perlu.

Sejak Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, yang menolak bahwa pulau itu adalah bagian dari China, terpilih pada tahun 2016, Beijing telah meningkatkan serangan udara dan laut di sekitar pulau itu.

Sementara kehadiran kapal perang China terus dipantau dan diumumkan hampir setiap hari oleh Taipei, jalur Shandong melalui Selat Taiwan selebar 180 km (110 mil) tidak biasa.

"Sebuah armada (Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat) yang terdiri dari 3 kapal, dipimpin oleh kapal induk Shangdong, melewati Selat Taiwan sekitar tengah hari hari ini," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, mengacu pada angkatan laut China.

"Armada itu pergi ke barat garis median, menuju ke utara," tambahnya, mengacu pada perbatasan tidak resmi di tengah selat yang memisahkan pulau itu dari benua Asia.

Unjuk kekuatan terbaru Sabtu dari Beijing terjadi lebih dari sebulan setelah China meluncurkan latihan udara dan angkatan laut di sekitar pulau itu.

Latihan perang April melihat Beijing mensimulasikan serangan yang ditargetkan di Taiwan dan pengepungan pulau itu, termasuk "menyegelnya", dan media pemerintah melaporkan lusinan pesawat telah melakukan "blokade udara".

Shandong juga berpartisipasi dalam latihan tersebut, dengan jet tempur J15 dikerahkan dari sana – meskipun kapal tersebut tidak berada di Selat, tetapi di tenggara Taiwan.

Latihan perang tersebut merupakan tanggapan atas pertemuan Tsai dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy pada awal April, pertemuan yang diperingatkan Beijing akan memicu tindakan balasan yang kuat.

Angkatan bersenjata Taiwan mengatakan pada hari Sabtu bahwa mereka "telah memantau situasi dan menugaskan pesawat (patroli udara sipil), kapal angkatan laut, dan sistem rudal darat untuk menanggapi kegiatan ini".

Dalam beberapa hari terakhir, pulau itu telah menyaksikan peningkatan kehadiran kapal-kapal China dan serbuan pesawat perang. Kementerian pertahanan mengatakan 33 pesawat tempur dan 10 kapal terdeteksi dalam 24 jam hingga pukul 6 pagi pada hari Sabtu.

Sehari sebelumnya, 11 kapal berada di dekat perairan Taiwan.

Terakhir kali para pejabat mengonfirmasi Shandong berlayar melalui Selat Taiwan adalah pada Maret 2022, tepat sebelum Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden melakukan panggilan telepon.

Sebelumnya, kapal induk tersebut transit pada Desember 2020, sehari setelah kapal perang AS melintas. Shandong juga berlayar pada Desember 2019, beberapa minggu sebelum pemilih Taiwan pergi ke tempat pemungutan suara.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Konflik China dan Taiwan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :