Sabtu, 11/05/2024 01:53 WIB

Rekor Dunia Seniman, Potret Langka Botticelli Dijual Seharga $ 92,2 Juta

Lukisan Young Man Holding a Roundel berhasil di lelang dengan seharga $ 92,2 juta di lelang di Sotheby di New York. (Foto: Reuters)

Jurnas.com - Sebuah potret Botticelli langka dijual seharga $ 92,2 juta di lelang di Sotheby di New York pada hari Kamis, rekor dunia untuk semua karya seniman Italia.

"Young Man Holding a Roundel" karya seniman Renaisans adalah salah satu dari sekitar selusin potretnya yang diketahui bertahan hingga saat ini. Lukisan "Birth of Venus" dan "Primavera" berskala besar milik Sandro Botticelli dipajang di Galeri Uffizi Florence.

Sotheby mengatakan itu adalah salah satu potret paling penting dari periode mana pun yang pernah muncul di lelang dan mendapatkan harga tertinggi kedua untuk lukisan Tuan Tua mana pun. Dengan $ 450 juta, "Salvator Mundi," dikaitkan dengan Leonardo da Vinci, mencetak rekor dunia pada tahun 2017 untuk Tuan Tua atau karya seni apa pun.

Penawar melalui telepon dan online berpartisipasi dalam lelang hari Kamis. Identitas pembeli tidak diungkapkan.

Karya abad ke-15, yang juga dikenal sebagai "Young Man Holding a Medallion", telah menghasilkan perkiraan prapenjualan sebesar $ 80 juta, dan Sotheby mengira harganya akan mencapai lebih dari $ 100 juta.

"Ini bukan hanya lukisan yang luar biasa, ini juga lambang keindahan, dan momen ketika begitu banyak peradaban Barat kita dimulai. Hasil hari ini adalah penghargaan yang pantas, baik untuk lukisan itu sendiri maupun semua yang diwakilinya," kata Christopher Apostle, direktur lukisan Old Masters di rumah lelang.

Sotheby`s mengatakan "Young Man Holding a Roundel" diakuisisi seharga $ 1,3 juta oleh pemilik sebelumnya yang tidak dikenal pada lelang tahun 1982 di Inggris.

Itu menunjukkan seorang pria muda yang tidak dikenal, kemungkinan anggota elit Florence di akhir abad ke-15, mengenakan tunik sederhana dengan langit biru di belakangnya dan memegang sebuah bundar, atau medali.

Rekor sebelumnya untuk Botticelli ditetapkan pada 2013 ketika "Madonna and Child with Young Saint John the Baptist" terjual seharga $ 10,4 juta.

KEYWORD :

Lukisan Botticelli Sotheby Lelang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :