Jum'at, 26/04/2024 12:20 WIB

Vaksinasi Massal COVID-19 di Eropa Kesempatan Terbaik Kembali ke Kehidupan Normal

Uni Eropa akan menerima 12,5 juta dosis pada akhir tahun, cukup untuk memvaksinasi 6,25 juta orang berdasarkan rejimen dua dosis. 

Vaksinasi flu selama kehamilan aman bagi ibu dan anak-anak, sebuah studi baru ditemukan. Foto milik HealthDay News

Roma, Jurnas.com - Eropa meluncurkan kampanye vaksinasi virus corona (COVID-19) massal pada Minggu (27/12). Para pensiunan dan petugas medis mengantre untuk mendapatkan suntikan pertama untuk mengatasi pandemi yang telah merenggut lebih dari 1,7 juta jiwa di seluruh dunia.

"Alhamdulillah," kata Araceli Hidalgo yang berusia 96 tahun saat dia menjadi orang pertama di Spanyol yang mendapatkan vaksin di rumah perawatannya di Guadalajara, dekat ibu kota Madrid. "Mari kita lihat apakah kita bisa menghilangkan virus ini."

Di Italia, negara pertama di Eropa yang mencatat jumlah infeksi yang signifikan, perawat berusia 29 tahun Claudia Alivernini adalah salah satu dari tiga staf medis yang memimpin antrian untuk suntikan yang dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech.

"Ini adalah awal dari akhir ... itu adalah momen bersejarah yang menarik," katanya di rumah sakit Spallanzani Roma.

Wilayah berpenduduk 450 juta orang itu sedang berusaha mengejar ketertinggalan Amerika Serikat (AS) dan Inggris, yang telah memulai vaksinasi menggunakan suntikan Pfizer.

Uni Eropa akan menerima 12,5 juta dosis pada akhir tahun, cukup untuk memvaksinasi 6,25 juta orang berdasarkan rejimen dua dosis. Perusahaan-perusahaan tersebut berusaha keras untuk memenuhi permintaan global dan menargetkan 1,3 miliar tembakan tahun depan.

Blok tersebut telah mendapatkan kontrak dengan berbagai produsen obat selain Pfizer, termasuk Moderna dan AstraZeneca, dengan total lebih dari dua miliar dosis vaksin dan telah menetapkan target untuk semua orang dewasa untuk diinokulasi selama 2021.

Dengan survei yang menunjukkan tingginya keraguan terhadap vaksin di negara-negara dari Prancis hingga Polandia, para pemimpin 27 negara Uni Eropa mempromosikannya sebagai kesempatan terbaik untuk kembali ke kehidupan normal tahun depan.

"Kami memiliki senjata baru untuk melawan virus: vaksin. Kami harus berdiri teguh, sekali lagi," cuit Presiden Prancis Emmanuel Macron, yang dites positif terkena virus corona bulan ini dan meninggalkan karantina pada Malam Natal.

Tetapi Ireneusz Sikorski, 41, meninggalkan gereja di ibu kota Polandia, Warsawa, merasa skeptis.

"Saya kira tidak ada vaksin dalam sejarah yang telah diuji secepat itu," katanya. "Saya tidak mengatakan vaksinasi tidak boleh dilakukan. Tapi saya tidak akan menguji vaksin yang tidak diverifikasi pada anak-anak saya, atau pada diri saya sendiri."

Masalah Pendinginan

Distribusi suntikan menghadirkan tantangan berat karena vaksin menggunakan teknologi mRNA baru dan harus disimpan pada suhu sekitar -70 derajat Celcius.

Di Jerman, kampanye menghadapi penundaan di beberapa kota setelah pelacak suhu menunjukkan bahwa sekitar 1.000 tembakan mungkin tidak disimpan cukup dingin selama transit.

BioNtech mengatakan bertanggung jawab atas pengiriman ke 25 pusat distribusi Jerman dan bahwa negara bagian federal dan otoritas lokal bertanggung jawab atas pengiriman ke pusat vaksinasi dan tim vaksinasi keliling.

"Di sinilah variasi suhu terjadi. Kami berhubungan dengan banyak pihak berwenang untuk memberikan nasehat, namun terserah mereka bagaimana melanjutkannya," kata seorang juru bicara.

Suntikan Pfizer yang digunakan di Eropa dikirim dari pabriknya di Puurs, Belgia, dalam wadah yang dirancang khusus berisi es kering. vaksin tersebut dapat disimpan hingga enam bulan pada suhu musim dingin Antartika, atau selama lima hari pada suhu 2 derajat Celcius hingga 8 derajat Celcius, sejenis pendingin yang biasa tersedia di rumah sakit.

Di Italia, paviliun perawatan kesehatan bertenaga surya sementara yang dirancang agar terlihat seperti bunga primrose lima kelopak simbol musim semi tumbuh di alun-alun kota saat program vaksinasi dimulai.

Portugal telah mendirikan unit penyimpanan dingin terpisah untuk kepulauan Atlantik di Madeira dan Azores. (Reuters)

KEYWORD :

Vaksinasi Massal COVID-19 Uni Eropa Kembali Normal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :