Sabtu, 27/04/2024 16:28 WIB

Mobil

Mitsubishi Indonesia Umumkan Perubahan Struktur Bisnis

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), selaku distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia, mengumumkan rencana perubahan struktur bisnis.

Kantor Pusat PT KTB / Rafa

Jakarta – Guna menuju masa depan yang lebih cerah bagi pengembangan bisnis kendaraannya di Tanah Air, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">KTB), selaku distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia, secara resmi mengumumkan rencana perubahan struktur, Kamis (13/10).

Menurut KTB/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">KTB seperti yang disampaikan Presiden Direktur KTB/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">KTB, Hisashi Ishimaki, pada saat pasar otomotif Indonesia berkembang dengan pesat dan diprediksi akan terus meningkat, KTB/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">KTB bersama dengan para pemegang saham telah mempelajari bermacam kebijakan untuk mengoptimalkan dan memperluas bisnis kendaraan Mitsubishi di Indonesia.

Hasil dari penelitian itu, menunjukkan bahwa bisnis yang optimal akan dapat dicapai melalui pembagian operasional bisnis di bawah dua merk menjadi, yaitu merk MFTBC untuk bisnis CV (commercial vehicle) dan merk MMC untuk bisnis PC (passanger car), dan Light Commercial Vehicle (LCV).

Sejak didirikan pada 1970, kegiatan bisnis di Indonesia di jalankan oleh PT. Krama Yudha (KY) dengan mitranya Mitsubishi Corporation (MC). Secara rinci, saat ini KTB/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">KTB adalah perusahaan manufaktur dan distributor untuk merk MFTBC dan MMC.

Adapun rencana bisnis ke depannya terkait dengan MMC (PC dan LCV) akan dialihkan dari KTB/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">KTB ke entitas lain, di antaranya:

  • Mengalihkan Bisnis Manufaktur MMC ke PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI).
  • Mengalihkan Bisnis Distribusi MMC ke Perusahaan baru yang sedang dipersiapkan.
  • Melakukan re-organisasi bisnis KTB/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">KTB saat ini, menjadi perusahaan yang hanya bergerak di bisnis MFTBC, dan memiliki 2 fungsi, sebagai manufaktur dan distributor.

Sebagai informasi, MMKI didirikan pada bulan Desember 2014, sebagai perusahaan Manufaktur produk - produk MMC dengan komposisi pemegang saham MMC 51%, MC 40% dan KY 9%.

Lebih lanjut Mitsubishi Indonesia menyatakan, pihaknya berharap dapat memulai operasi dengan entitas bisnis baru pada April 2017, dengan struktur kepemilikan sebagai berikut:

  • Perusahaan baru sebagai distributor MMC di mana komposisi saham MC 40%, KY 30%, dan MMC 30%.
  • Untuk KTB/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">KTB saat ini, sebagai manufaktur dan distributor dari MFTBC dengan komposisi saham KY 40%, MC 30%, dan MFTBC 30%.

Pemisahan dari dua merk Mitsubishi ini merupakan bentuk kegiatan bisnis agar fokus di segmen pasar masing – masing sekaligus merespon serta berkontribusi pada setiap pemintaan pasar dengan cepat dan flexible. [rafa]

 

KEYWORD :

KTB Krama Yudha Tiga Berlian Motors KTB Mitsubishi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :