Sabtu, 27/04/2024 04:25 WIB

Kanada Terima Lebih Cepat Dosis Pertama Vaksin COVID-19 Pfizer

Hingga 249.000 dosis vaksin yang diproduksi Pfizer dengan mitra Jerman BionNTech SE akan tiba bulan ini, dan tiga juta dosis lagi harus dikirimkan pada awal 2021.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau (Foto: Financial Tribune)

Ottawa, Jurnas.com -  Kanada akan mulai menerima dosis pertama vaksin COVID-19 Pfizer sebelum akhir Desember, lebih cepat dari yang ditargetkan. Kemudian, jutaan lainnya akan menyusul pada awal 2021

Berita itu dapat membantu pemerintahan minoritas Liberal Perdana Menteri Justin Trudeau menangkis serangan dari partai-partai oposisi yang menuduh Ottawa bertindak terlalu lambat untuk mengatasi gelombang kedua virus corona yang memburuk.

Para pejabat pada awalnya mengharapkan untuk menerima total enam juta dosis vaksin dari Pfizer dan Moderna pada akhir Maret. Vaksin tersebut cukup untuk menyuntik tiga juta orang karena kedua vaksin membutuhkan dua suntikan dengan jarak sekitar satu bulan.

Tetapi Trudeau mengatakan hingga 249.000 dosis vaksin yang diproduksi Pfizer dengan mitra Jerman BionNTech SE akan tiba bulan ini, dan tiga juta dosis lagi harus dikirimkan pada awal 2021.

"Ini merupakan tahun yang sulit, dan kami belum keluar dari krisis ini. Tapi sekarang, vaksin sudah datang," katanya dalam sebuah pengarahan, mengulangi bahwa Ottawa mengharapkan regulator kesehatan untuk menyetujui vaksin Pfizer minggu ini.

Beberapa provinsi memberlakukan kembali pembatasan bisnis dan membatasi jumlah pertemuan karena jumlah kasus baru mencatatkan rekor harian. Kanada telah melaporkan total 415.182 kasus COVID-19 dan 12.665 kematian.

Dosis awalnya akan dikirim ke 14 lokasi sehingga kelompok prioritas seperti petugas kesehatan, orang tua dan orang-orang yang tinggal di komunitas adat terpencil dapat diinokulasi untuk melawan virus. Vaksin Pfizer terbukti 95 persen efektif mencegah penyakit dalam uji klinis berskala besar.

Angkatan bersenjata akan membantu dengan apa yang disebut Trudeau sebagai tugas yang "luar biasa rumit" yaitu mendistribusikan vaksin di negara terbesar kedua di dunia menurut wilayah, yang sebagian besar berpenduduk jauh.

Erin O`Toole, pemimpin oposisi resmi Konservatif, mengatakan itu tidak dapat diterima Trudeau belum menjelaskan kapan setiap Kanada akan divaksinasi. (Reuters)

KEYWORD :

Vaksin COVID-19 Pfizer Vaksin Amerika Serikat Inggris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :