Rabu, 24/04/2024 09:35 WIB

Ukraina Desak Inggris dan Jerman Kirim Jet Eurofighter

Ukraina telah mengkampanyekan sekutu Baratnya untuk menyediakan jet tempur, khususnya F-16 buatan AS yang diterbangkan oleh beberapa negara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov memberikan pernyataan pada hari pertemuan kelompok Kontak Pertahanan Ukraina Keempat di Pangkalan Udara AS Ramstein, Jerman, pada 21 April 2023. (Foto: REUTERS/Heiko Becker)

JAKARTA, Jurnas.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Ukraina, Oleksii Reznikov ingin Jerman dan Inggris mengirim jet Eurofighter Typhoon negaranya untuk memerangi serangan udara Rusia.

Keinginannya itu dia sampaikan dalam sebuah wawancara yang diterbitkan oleh grup media Funke pada Selasa (3/5) 

Ukraina telah mengkampanyekan sekutu Baratnya untuk menyediakan jet tempur, khususnya F-16 buatan AS yang diterbangkan oleh beberapa negara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Jerman dan Inggris sejauh ini menolak untuk mengirim jet, mengatakan mereka tidak memiliki F-16 yang diinginkan Ukraina. Mereka mengatakan waktu yang diperlukan untuk melatih pilot dan kru pendukung yang substansial diperlukan untuk mengirim jet Eurofighter Typhoon mereka berarti mereka tidak akan banyak digunakan dalam waktu dekat.

Reznikov, bagaimanapun, mengatakan ini juga bisa membantu dalam perjuangan Ukraina melawan invasi Rusia. "Jika Inggris dan Jerman menggabungkan kemampuan pasokan Eurofighter mereka, itu akan menjadi langkah penting," katanya .

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Jerman mengatakan sikap Berlin masih berlaku. Kementerian pertahanan Inggris tidak segera menanggapi.

Sejauh ini, tidak ada jet rancangan Barat yang disumbangkan. Polandia dan Slovakia telah memasok 27 MiG-29 untuk melengkapi armada era Soviet Ukraina.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Jet Eurofighter Perang Rusia Ukraina Jerman Inggris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :