Sabtu, 27/04/2024 05:40 WIB

Mobil

Mengintip Fitur Unggulan Toyota Calya

Predikat Toyota Calya sebagai mobil terlaris pada perhelatan GIIAS 2016 lalu, sepertinya terus berlanjut. Lantas fitur-fitur apa saja yang menjadi keunggulannya? Simak ulasan berikut.
 
 

Toyota Calya / TAM

Semarang – Predikat Toyota Calya sebagai mobil terlaris pada perhelatan GIIAS 2016 lalu, sepertinya bakal terus berlanjut. Ini terlihat dari total pemesanan yang mencapai 21.700 unit hingga per tanggal 10 September 2016.

Multi Purpose Vehicle (MPV) 7-seater besutan Toyota di segmen LCGC ini mampu membuktikan sebagai new entry MPV keluarga yang paling banyak diincar konsumen Tanah Air.

“Mobil ini dihadirkan untuk memenuhi permintaan pasar otomotif nasional yang menginginkan mobil pertama dengan harga yang lebih terjangkau, dan memiliki fitur-fitur canggih berbasis MPV,” ujar Anton Jimmi Suwandi, Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM), di sela media test drive Toyota Calya di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (15/9).

Kehadiran Toyota Calya, kata Anton, tidak terlepas dari hasil survei yang dilakukan Toyota dalam menghadirkan kendaraan roda empat yang dapat memenuhi hasrat emosional keluarga Indonesia sebagai kendaraan pertama mereka.

Sesuai dengan namanya yang dalam bahasa Sanksekerta berarti ‘Sempurna’, Toyota Calya diharapkan dapat memberi dukungan terhadap pengembangan industri otomotif nasional. Lantas spesifikasi apa saja yang diunggulkan dari Toyota Calya ini?

Menurut Anton, dengan kandungan lokal sekitar 90%, MPV keluarga terbaru besutan Toyota ini punya beberapa fitur keunggulan terbaik di kelasnya. Berikut detailnya:

  1. Toyota Calya mengusung mesin 3NR berkapasitas 1.200 cc dengan teknlogi Dual VVTi. Mesin dapat menyemburkan tenaga sebesar 88 Ps pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal 11 kgm pada putaran mesin 4.200 rpm. Teknologi mesin terbaru ini, tidak hanya menjanjikan tenaga yang maksimal, tapi juga irit BBM.
  2. Toyota Calya dapat bermanuver lincah berkat balutan steering tipe rack and pinion yang didukung teknologi electric power steering (EPS).
  3. Eksterior dibuat dengan konsep modern dan agresif. Konsep ini telah membuat penampilan Toyota Calya berbeda dengan mobil lain di segmennya. Tampilannya terlihat lebih berkelas membuat Toyota Calya cocok dengan lifestyle masa kini dan masa depan.
  4. Memiliki ukuran dimensi panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.600 mm. Bodi monoque Toyota Calya tidak saja membuat penampilan makin berkelas, namun juga memiliki ruang kabin yang cukup luas.
  5. Perpaduan wheelbase 2.525 mm dan ground clearance 180 mm, menjadikan mobil tujuh penumpang ini terasa lebih stabil.
  6. Toyota Calya didukung oleh suspensi McPherson Strut with Coil with Stabilizer di bagian depan serta Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil di bagian belakang (tipe E), dan Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil with Stabilizer (tipe G).
  7. Tampilan interior Toyota Calya terlihat elegan berkat penyematan Multi-layer Cockpit yang dikombinasikan warna Black dan Brown.
  8. Toyota Calya dilengkapi oleh fitur terbaik dan pertama kelasnya, seperti penyematan power window, on – off eco indicator, dan Informasi Multi Display.
  9. Untuk sitem hiburannya, Toyota Calya dilengkapi oleh 4 speaker dengan audio single DIN/CD/USB/MP3/Aux untuk varian tipe E, dan audio 2 DIN CD/USB/MP3/AUX/Bluetooth/Voice Call untuk varian tipe G.
  10. Untuk memberikan rasa aman dan nyaman, Toyota Calya dilengkapi oleh alarm, immobilizer, sealtbelt dengan pretensioner and force untuk 7 penumpang, dual SRS airbag, driver seatbelt reminder, parking sensor, dan ABS dengan teknologi ventileted disk untuk roda depan dan rum untuk bagian belakang.
  11. Toyota Calya sudah memenuhi standar New Car Assessment Program For South Asian Countries (ASEAN-NCAP) dengan rating 4. [rafa]

 

KEYWORD :

Toyota Calya All New Calya Toyota Astra motor TAM MPV 7 penumpang MPV Toyota LCGC Toyota




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :