Jum'at, 26/04/2024 15:10 WIB

Rusia Kembangkan Senjata Lebih Canggih dari Hipersonik

Senjata hipersonik yang memiliki kecepatan lima kali kecepatan suara dapat bergerak dengan jalur yang tidak terduga, juga mampu bermanuver dengan tajam.

Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Foto: Reuters)

Moskow, Jurnas.com - Presiden Rusia Vladimir Putin mengklaim negaranya sedang mengembangkan senjata yang lebih canggih dari senjata hipersonik, senjata yang sedang dikembangkan di sejumlah negara termasuk Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari Channel News Asia pada Minggu (14/6), Putin menyebut Moskow berada di depan Washington dalam hal mengembangkan senjata jenis baru.

Seperti diketahui, senjata hipersonik yang memiliki kecepatan lima kali kecepatan suara dapat bergerak dengan jalur yang tidak terduga, juga mampu bermanuver dengan tajam.

Senjata jenis itu juga mengikuti lintasan yang jauh lebih datar dan lebih rendah dari rudal balistik.

Washington dan Moskow telah memperluas kemampuan pertahanan mereka, setelah perjanjian kontrol senjata era Perang Dingin runtuh akibat memburuknya hubungan Rusia dengan Barat.

Tahun lalu, Rusia mengerahkan rudal berkemampuan nuklir hipersonik pertamanya, sementara Pentagon berencana merilis senjata hipersonik pada awal hingga pertengahan 2020-an.

"Sangat mungkin bahwa kita akan memiliki sarana untuk memerangi senjata hipersonik pada saat negara-negara terkemuka di dunia memiliki senjata seperti itu," kata Putin.

Sementara Rusia dan Amerika Serikat secara luas memiliki jumlah senjata nuklir yang sama, Putin mengatakan Moskow unggul dalam pengembangan senjata canggih.

KEYWORD :

Senjata Hipersonik Rusia Vladimir Putin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :