Sabtu, 27/04/2024 05:26 WIB

Mengenal Gangguan Kesuburan yang Dialami Pasutri

Faktor suami istri atau kombinasi keduanya dapat menyebabkan gangguan kesuburan.

Talkshow Overview dan Outlook Penanganan Gangguan Kesuburan (Foto: Dokpri)

Jakarta - Gangguan kesuburan merupakan kegagalan satu pasangan untuk mendapatkan kehamilan setelah melakukan hubungan seksual yang benar selama satu tahun tanpa memakai alat kontrasepsi.

Menurut dr. Beeleonie, BMedSc, SpOG(K) faktor suami istri atau kombinasi keduanya dapat menyebabkan gangguan kesuburan.

"Yang termasuk dalam faktor istri adalah gangguan pematangan sel telur, sumbatan saluran telur atau gangguan pada rahim dan indung telur. Sedangkan yang termasuk dalam faktor pria adalah masalah sperma," ucapnya dalam Talkshow Overview dan Outlook Penanganan Gangguan Kesuburan, di Jakarta, Selasa (18/12).

Berbagai penyebab infertilitas di kalangan pekerja sama dengan yang lainnya. Hanya pada kalangan perempuan pekerja, dimana terjadi prioritizing, seringkali karier dan pendidikan diutamakan, sehingga baru merencanakan kehamilan saat usia yang lebih tua.

"Pada kalangan perempuan karier seperti ini, rentan terjadinya gangguan fertilitas yang berkaitan dengan berkurangnya jumlah dan kualitas sel telur yang dimiliki. Inilah yang dikenal dengan konsep cadangan ovarium, yang erat kaitannya dengan usia biologis,” jelasnya.

Ia melanjutkan usia biologis merupakan refleksi dari kuantitas dan kualitas sel telur seorang perempuan yang erat kaitannya dengan fekunditas, yaitu kemampan reproduksi seorang perempuan untuk memperoleh kehamilan.

Sedangkan usia kronologis, merupakan usia yang dihitung berdasarkan tangga lahir seseorang. Disamping penuaan reproduksi yang alamiah, usia biologis dan kronologis tidak selalu sama. Sering didapatkan usia biologis lebih cepat menua dibandingkan usia
kronologis seseorang.

"Penurunan ini dipengaruhi berbagai hal, misalnya genetik, adanya penyakit tertentu, riwayat radiasi dan kemoterapi, paparan zat kimia, gaya hidup, dan lain-lain," imbuhnya.

KEYWORD :

Gangguan Kesuburan Pasangan Suami Istri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :