Kamis, 25/04/2024 23:54 WIB

Mentan Syahrul: Pekarangan Rumah Jadi Solusi Tekan Inflasi

Salah satu jawaban yang pasti atas tantangan dunia ini adalah hadirkan pertanian, khususnya di halaman rumah kita masing-masing

Mentan Syahrul dalam Musyawarah Cabang (Muscab) XI Pemuda Pancasila Kota Bogor, Minggu malam (28/5).

JAKARTA, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pemanfaatan pekarangan rumah bisa menjadi solusi dalam menekan inflasi, selain itu juga dapat meningkatkan ketersediaan dan aksesibilitas pangan di tingkat rumah tangga.

Setelah melewati COVID-19, perubahan iklim (climate change) ekstrem dan adanya perang antara Rusia dan Ukraina telah mempengaruhi aktivitas ekonomi di segala sektor, termasuk pertanian.

"Salah satu jawaban yang pasti atas tantangan dunia ini adalah hadirkan pertanian, khususnya di halaman rumah kita masing-masing," kata Mentan Syahrul dalam Musyawarah Cabang (Muscab) XI Pemuda Pancasila Kota Bogor, Minggu malam (28/5).

Mentan Syahrul, Pemuda Pancasila sebagai salah satu organisasi kemasyarakat dan kepemudaan yang berkiprah dalam pembangunan nasional untuk terjun memperkuat sektor pertanian untuk menghadapi tantangan global.

 

"Kalau setiap halaman rumah dimanfaatkan menanam sayuran dalam polibag, ini akan menyediakan pangan yang menurunkan inflasi. Tak harus mengandalkan bantuan, tapi Pemuda Pancasila dapat mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR)," kata Mentan Syahrul.

Menteri yang biasa disapa SYL itu menuturkan bahwa pihaknya siap membantu bibit bagi para petani yang ingin terjun di sektor pertanian.

"Pertanian itu terbuka, Pemuda Pancasila harus terjun ke sektor pertanian. Siapkan lahan 1.000 hektare, kami siap salurkan bantuan. Kami juga punya bibit kelapa genjah unggul, kami siap salurkan ke Pemuda Pancasila," ujar SYL.

Terakhir, dia berharap Pemuda Pancasila mulai hari ini dan besok harus mampu mengkonsolidasikan diri, menyesuaikan diri untuk menghadapi tantangan global. "Tidak lagi berangkat dari otot, tapi berangkat dari konsepsi yang bermakna bagi masyarakat dan negara," imbuh dia.

KEYWORD :

Syahrul Yasin Limpo Pekarangan Rumah Inflasi Pemuda Pancasila




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :