Selasa, 21/05/2024 17:33 WIB

China Makin Pede Kesepakatan Dagang dengan AS Tercapai

Presiden China Xi Jinping yakin bahwa kesepakatan itu akan tercapai di tengah kekhawatiran, China-AS tidak dapat menyelesaikan perbedaan mendalam antara dua ekonomi terbesar dunia itu.

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump bersama Presiden China, Xi Jinping (Foto: Thomas Peter/Reutes)

Beijing - Pemerintah China mengatakan akan mendorong perundingan perdagangan dengan rekannya dari Amerika Serikat (AS) dalam waktu 90 hari ke depan.

Presiden China Xi Jinping yakin bahwa kesepakatan itu akan tercapai di tengah kekhawatiran, China-AS tidak dapat menyelesaikan perbedaan mendalam antara dua ekonomi terbesar dunia itu.

Dilansir dari Al Jazeera, apa yang disampaikan Jinping pada Rabu (5/12) mengikuti periode yang relatif tenang dari Beijing setelah Presiden Jinping dan rekannya dari AS, Donald Trump, mencapai gencatan senjata sementara dalam perang dagang antara dua ekonomi terbesar dunia selama akhir pekan.

Kedua pemimpin, yang bertemu di sela-sela KTT Kelompok 20 di Argentina, juga memutuskan untuk menunda tarif baru dan memberikan negosiator tiga bulan untuk mencapai kesepakatan.

Dalam sebuah pernyataan singkat, kementerian perdagangan China menggambarkan diskusi kedua belah pihak termasuk berhasil, dan memberi percaya diri atas implementasi perjanjian kedua negara.

"Tim ekonomi dan perdagangan kedua belah pihak akan secara aktif mendorong perundingan ke depan dalam 90 hari sesuai dengan jadwal dan peta jalan yang jelas," katanya, dalam pengakuan publik pertama oleh pemerintah China mengenai garis waktu 90 hari.

"China akan mulai dengan pelaksanaan hal-hal spesifik di mana konsensus telah dicapai, lebih cepat lebih baik," tambahnya, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

KEYWORD :

Perang Dagang China Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :