Kamis, 16/05/2024 05:25 WIB

Kebiasaan Gargle Efektif Cegah Infeksi Tenggorok Saat Puasa

Masyarakat dianjurkab gargle selama 30 detik menggunakan cairan antiseptik Povidone-Iodine.

Ilustrasi gargle.(Foto : eklejtik.pl)

Jakarta - Saat puasa, tubuh mendapat berbagai keuntungan seperti kesempatan berisitirahat bagi alat pencernaan dan memperbaiki proses regenerasi saluran cerna. Namun, puasa juga memberikan risiko dehidrasi yang menyebabkan kering dan turunnya daya tahan tubuh kita hingga akan mudah terkena risiko infeksi kuman pada rongga mulut kita seperti sakit tenggorok dan sariawan.

Kesehatan tenggorok ketika berpuasa perlu dijaga agar ibadah puasa bisa berjalan dengan maksimal. Untuk mencegah infeksi tenggorok saat puasa, penting untuk memperhatikan pilihan makanan dan minuman yang dikonsumsi ketika sahur dan berbuka serta rutin melakukan kebiasaan gargle/kumur saat sahur dan sebelum tidur.

Pada saat risiko infeksi tenggorok meningkat ketika berpuasa, Anda dianjurkan untuk menjaga kesehatan tenggorok dengan gargle menggunakan cairan kumur antiseptik. Gargle merupakan cara berkumur yang benar yakni dari rongga mulut hingga pangkal tenggorok.

Berdasarkan hasil penelitian, cairan kumur antiseptik yang mengandung Povidone-lodine terbukti dapat mengurangi jumlah bakteri dan virus pada rongga mulut sebanyak 99,9 persen dengan efektivitas tinggi dan waktu singkat. Berkumur dengan cairan penyegar mulut yang tidak tepat akan membuat rongga mulut terasa kering, dimana kondisi rongga mulut yang kering akan memudahkan bakteri berkembang.

dr. Mery Sulastri Educator & Trainer Mundipharma Indonesia, menerangkan, Povidone-Iodine 1 persen merupakan zat antimikroba yang memiliki manfaat untuk menjaga kebersihan daerah mulut dan tidak menimbulkan resistensi dan sudah terbukti secara klinis dapat membunuh kuman seperti bakteri, jamur ataupun virus di area mulut dan tenggorok secara efektif.

"Povidone Iodine 1 persen telah juga aman digunakan pada rongga mulut dan juga daerah tenggorok karena memiliki spectrum yang luas, dapat membantu mempercepat penyembuhan Iuka infeksi di rongga mulut, dan membantu menghentikan pendarahan," lanjut dr. Mery dalam acara media gathering Betadine Obat Kumur.

Ia menganjurkan pada masyarakat untuk gargle selama 30 detik menggunakan cairan antiseptik Povidone-Iodine, terbukti dapat mengembalikan kadar flora normal dalam 120 menit. "Dan selama bulan puasa, masyarakat direkomendasikan untuk gargle dua kali sehari, yaitu saat sahur setelah selesai makan dan sebelum tidur," tutup dr. Mery.

KEYWORD :

tenggorok gargle antiseptic obat kumur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :