Sabtu, 27/04/2024 13:57 WIB

Manfaat Ikan Salmon yang Perlu Anda Tahu

Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3, EPA, dan DHA yang berperan besar untuk kesehatan pembuluh darah.

Ilustrasi penangkapan ikan (foto: Google)

Jakarta - Tahukah Anda ada beragam manfaat sehat yang terkandung pada ikan salmon? Tak hanya baik untuk kesehatan secara umum, tapi khususnya juga untuk jantung.

Selain itu, ikan dari famili Salmonidae yang gemar bermigrasi ini juga berguna untuk kesehatan otak dan menguatkan sendi serta tulang.

Menurut ahli gizi Rumah sakit Pertamina Pusat ( RSPP) Titi Sekar Indah, kandungan Omega-3 yang tinggi pada ikan salmon membuatnya jadi asupan yang dilanjurkan oleh banyak ahli gizi dan kesehatan.

"Bahkan disarankan mengonsumsi ikan salmon minimal 100 gram sebanyak dua kali dalam sepekan," ucapnya.

Lebih detail lagi, ikan salmon mengandung asam lemak omega-3, EPA, dan DHA tinggi yang berperan besar untuk kesehatan pembuluh darah, mengurangi peradangan, mencegah pembekuan darah berlebihan, serta melebarkan pembuluh arteri.

Jika konsumsi salmon dilakukan sesuai anjuran (100 gram, dua kali sepekan), maka ikan perantau ini bisa melindungi kita dari risiko serangan jantung, stroke dan juga tekanan darah tinggi. Bahkan, asam lemak omega-3 yang dikandungnya juga bermanfaat melindungi tubuh dari kanker usus, prostat, payudara, dan kulit.

KEYWORD :

ikan salmon manfaat kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :