Sabtu, 27/04/2024 17:40 WIB

Tiga Pimpinan Baru MPR Dilantik Hari Ini

Pengucapan sumpah dan janji ketiga Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang baru dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung  Muhammad Hatta Ali.

Ketua MPR Zulkifli Hasan

Jakarta –  Ahmad Basarah dari unsur Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), H. Ahmad Muzani dari unsur Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Muhaimin Iskandar, M.Si dari unsur Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dilantik hari ini dalam Rapat Paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), di Ruang Rapat Paripurna Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (26/3).

Pengucapan sumpah dan janji ketiga Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang baru dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung  Muhammad Hatta Ali dan disaksikan Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR Mahyudin, Wakil Ketua MPR Evert Ernest Mangindaan, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid danWakil Ketua MPR Oesman Sapta

Selain itu, juga  dihadiri Pimpinan dan anggota MPR RI berbagai fraksi, Pimpinan DPR RI Agus Hermanto, Taufik Kurniawan dan Utut Adianto, Ketua MK Prof Arief Hidayat, Ketua Komisi Yudisial Aidul Fitriciada Azhari, Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara, beberapa Menteri Kabinet Indonesia Bersatu antara lain Menkumham, Menpora, Menakertrans, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Mantan Pimpinan MPR RI, beberapa Kepala Daerah, Pimpinan dan anggota Lembaga Pengkajian MPR.  

Dari penjelasan yang dibacakan Sekretaris Jenderal MPR RI Ma`ruf Cahyono di depan sidang Paripurna bahwa Pelantikan tiga Pimpinan MPR RI baru tersebut sesuai dengan Petikan Keputusan Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia No.VII Tahun 2018 tentang Penetapan Penambahan Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia masa jabatan tahun 2014-2019.

Penetapan Pimpinan MPR RI sebagaimana  tercantum dalam Diktum ke 1 berlaku sejak pengucapan sumpah dan janji sampai berakhirnya sisa masa jabatan tahun 2014-2019.

Secara lengkap susunan Pimpinan MPR RI masa jabatan tahun 2014-2019 secara lengkap pasca pelantikan tiga Pimpinan MPR yang baru menjadi sebagai berikut, Ketua  Zulkifli Hasan dari unsur Fraksi PAN, Wakil Ketua Mahyudin dari unsur Fraksi Partai Golkar, Wakil Ketua Evert Ernest Mangindaan, S.IP dar unsur fraksi Partai Demokrat, Wakil Ketua DR.H.M. Hidayat Nur Wahid  dari unsur Fraksi PKS, Wakil Ketua Oesman Sapta dari unusr DPD, Ahmad Basarah dari unsur Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), H. Ahmad Muzani dari unsur Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Muhaimin Iskandar, dari unsur Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Acara pangucapan sumpah dan janji yang dipandu Ketua MA disusul penandatanganan berita acara pelantikan berlangsung lancar, disiarkan secara langsung oleh media massa nasional dan disaksikan rakyat Indonesia.

KEYWORD :

Warta MPR Rapat Paripurna




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :