Kamis, 02/05/2024 16:49 WIB

Valverde Anggap La Liga Terlalu "Jadul"

Barca pernah dirugikan oleh keputusan wasit, yakni ketika anak asuhnya berhadapan dengan Valencia akhir November lalu.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde

Jakarta - Pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengeluhkan kurang sigapnya La Liga terhadap penggunaan teknologi Video Asisten Wasit (Video Assistance Referees, VAR). Padahal VAR sudah digunakan oleh Serie A dan Bundesliga.

Menurutnya, VAR dapat menghindarkan tim dari keputusan-keputusan wasit yang berbau kontroversial, seperti gol offside, pelanggaran keras, hingga gol hantu.

Barca pernah dirugikan oleh keputusan wasit, yakni ketika anak asuhnya berhadapan dengan Valencia akhir November lalu. Gol Lionel Messi yang sudah melewati garis gawang, tidak disahkan oleh wasit, sehingga Barca hanya mampu mengakhiri laga dengan skor 1-1.

"Padahal dengan bantuan VAR, Anda akan tahu apakah bola sudah masuk atau tidak, terlepas dari apakah VAR digunakan atau tidak," kata Valverde dilansir dari Soccerway.

"Saya tidak tahu mengapa teknologi ini tidak digunakan di La Liga," sambungnya.

"Peralatannya sangat mahal, tapi tidak masuk akal kalau La Liga tidak memilikinya. Kita sudah sangat terlambat dalam hal ini," terang Valverde.

La Liga bukan satu-satunya liga yang belum mempraktikkan VAR. Liga Premier Inggris dan Ligue 1 juga masih mempelajari VAR, terlepas dari berbagai pro kontra yang ada. Dan, kabarnya La Liga dan Ligue 1 baru akan menerapkan VAR musim 2018-2019 nanti.

KEYWORD :

Liga Spanyol Barcelona VAR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :