Rabu, 15/05/2024 23:36 WIB

Catat! Ini Rangkaian Kegiatan Sidang Tahunan MPR Besok

Sidang yang digelar satu tahun sekali ini akan menjadi momentum lembaga negara menyampaikan kinerjanya selama satu tahun ke belakang.

Kepala Biro Humas MPR RI siti Fauziyah

Jakarta – Kegiatan Sidang Tahunan MPR akan dilaksanakan besok, (16/8) di Komplek Gedung MPR/DPR/DPD. Sidang yang digelar satu tahun sekali ini akan menjadi momentum lembaga negara menyampaikan kinerjanya selama satu tahun ke belakang.

Kepala Biro Humas MPR,  Siti Fauziyah mengatakan sejak pukul 07.00 WIB tamu sidang dijadwalkan datang ke lokasi acara. Sementara anggota MPR baru diperbolehkan memasuki lokasi sidang pada pukul 08.00 WIB, setelah mengisi daftar hadir.

“Tujuannya untuk menghitung daftar hadir peserta sidang. Selanjutnya daftar hadir itu diserahkan kepada pimpinan MPR, selaku pimpinan sidang, untuk menyatakan quorum atau tidak sidang itu,” ujar Siti Fauziah, Selasa (15/8) di Jakarta.

Kemudian, di saat anggota DPR satu per satu memasuki ruang sidang, pimpinan lembaga MPR, DPR, DPD, BPK, MA, MK, dan KY akan menunggu terlebih dahulu di ruang tunggu utama. Menurut Siti, mereka nantinya akan menyambut kedatangan Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta istri, dan Presiden RI Jokowi beserta istri.

“Wapres Jusuf Kalla datang terlebih dulu pada pukul 08.27. Kedatangan Jusuf Kalla akan disambut oleh pimpinan MPR. Delapan menit kemudian, 08.35, giliran Presiden Djoko Widodo datang. Dan Pimpinan MPR juga akan menyambut Presiden,” ujarnya.

Setelah para pimpinan lembaga negara, Presiden serta Wakil Presiden yang didampingi oleh istri bertemu di ruang utama, selanjutnya para istri menuju ke Blok B, Gedung Nusantara. “Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Mufida Kalla didampingi oleh Ibu Soraya Zulkifli Hasan, Deisti Astriani Novanto, dan Ibu Serviati Oesman Sapta,” papar Siti Fauziah.

Sebelum Presiden, Wakil Presiden, dan pimpinan MPR, DPR, DPD, BPK, MA, MK, dan KY masuk ke dalam Gedung Nusantara, secara protokoler mereka harus mengikuti sesi foto bersama. Dijelaskan dalam sesi ini, pada pukul 08.45, para Wakil Ketua MPR, DPR, dan DPD; serta para Ketua BPK, MA, MK, dan KY, menuju tangga ruang sidang. Setelah para wakil ketua dan ketua menempati posisi yang telah ditentukan, selanjutnya Presiden, Wakil Presiden bersama dengan Ketua MPR, DPD, dan DPR juga menuju ke tangga ruang sidang.

 “Pada pukul 08.50 itulah diadakan sesi foto bersama antara Presiden, Wakil Presiden, dan pimpinan lembaga negara,” paparnya.

Selepas sesi ini, dikatakan oleh Siti Fauziah, Presiden, Wakil Presiden, pimpinan MPR serta pimpinan lembaga negara memasuki ruang sidang. “Presiden, Wakil Presiden, dan pimpinan MPR menuju mimbar utama, sedang pimpinan lembaga negara lain menuju Blok B untuk menempati tempat duduk yang sudah ditentukan,” ujarnya.

Tepat pukul 09.00, Siti Fauziah mengungkapkan Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 dimulai. “Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diikuti seluruh hadirin,” ucapnya.

Setelah itu peserta sidang akan menyanyikan lagu kebangsaan, dan Ketua MPR akan memimpin mengheningkan cipta untuk mengenang dan mendoakan arwah para pahlawan yang telah berjuang untuk Indonesia.

Usai lagu kebangsaan dinyanyikan, Ketua MPR akan membuka sidang tahunan pada pukul 09.07 WIB. Sidang dibuka untuk menyatakan sidang quorum dan sah serta menjelaskan apa sidang tahunan itu dan selanjutnya mempersilahkan Presiden RI untuk menyampaikan pidato tentang kinerja lembaga negara.

“Presiden dimulai pukul 09.22, dan akan selesai pukul 10.05,” ujarnya.

Pembacaan doa pasca sidang, akan dibawakan oleh anggota MPR dari fraksi PKS Tifatul Sembiring. “Bila di awal sidang dikumandangkan lagu Indonesia Raya maka di akhir sidang juga dilakukan hal yang sama,” tambahnya.

Usai Sidang Tahunan MPR, para wakil rakyat tetap berada di Gedung Nusantara untuk melanjutkan Sidang Bersama DPR dan DPD. “Sambil menunggu persiapan sidang bersama, Presiden, Wakil Presiden, dan pimpinan lembaga negara lainnya meninggalkan ruang sidang dan menunggu di Ruang Tunggu Utama lantai atas Gedung Nusantara,” ujarnya. 

KEYWORD :

Warta MPR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :