Minggu, 05/05/2024 06:47 WIB

Polda Metro Jaya Sambangi KPK Terkait Kasus Novel

Argo pada kesempatan ini mengakui Miko yang diduga sebagai pelaku penyerangan terhadap Novel Basewdan telah dibebeaskan. Polisi sebelumnya mengamankan dan memeriksa Miko

Penyidik KPK, Novel Baswedan usai menjalani perawatan wajahnya karena disiram air keras oleh orang tak dikenal

Jakarta - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono menyambangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (19/5/2017). Argo datang bersama Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Rudy Herianto.

Dikatakan Argo, kedatangan dirinya dan Rudy ini untuk berkoordinasi terkait penanganan kasus teror dengan penyiraman air keras terhadap penyidik KPK, Novel Baswedan. "Kita akan koordinasi berkaitan dengan penanganan kasus Novel Baswedan kita mebawa Dirkrimum, dan staf semua akan menjelaskan dengan pimpinan KPK," ucap Argo di Gedung KPK, Jakarta.

Argo pada kesempatan ini mengakui Miko yang diduga sebagai pelaku penyerangan terhadap Novel Basewdan telah dibebeaskan. Polisi sebelumnya mengamankan dan memeriksa Miko yang merupakan kemenakan Muchtar Effendi, terpidana kasus pemberian keterangan palsu sidang Akil Mochtar dan tersangka suap hakim MK. 

"Miko sudah dibebaskan (sementara)," tutur Agro.

Dikatakan Argo, pihaknya memiliki strategi sendiri dalam mengungkap pelaku dan aktor intelektual teror air keras terhadap Novel. Sebab itu, semua yang masih berstatus saksi tidak bisa langsung ditahan.

"Alasannya begini, kami kan dalam menangani kasus ada dua metode yang dilakukan metode induktif dan deduktif induktif itu kita dari TKP kita lihat di TKP ada saksi ada apa lagi ada CCTV dan kami temukan ada saksi, ada yang kami curigai namanya M dan H. Lalu kami cari, dia alibinya ada di Malang. ‎Kami cek dia berangkat melalui Bandara mana, cek juga CCTV, manifes (maskapai) nya ada, boarding pass nya ada. Semua sama. ‎Sampai di Malang pun kami cek," terang dia.

Novel sebelumnya diserang dengan disiram air keras pada Selasa (11/4/2017) lalu. Akibatnya, Novel harus dirawat intensif di salah satu rumah sakit di Singapura karena kedua matanya terluka parah. Novel pun harus menjalani operasi membran pada Kamis (18/5/2017) kemarin.

Kendati telah berlangsung lebih dari sebulan, pihak kepolisian belum mampu mengungkap dan membekuk pelaku maupun otak serangan terhadap Novel. Nah, pihak kepolisian terakhir membebaskan seorang bernama Miko Kamis (18/5/2017).

Diterangkan Argo, Miko diamankan lantaran pernyataannya dalam video yang diunggah di laman Youtube. Dalam video itu, Micko meminta maaf kepada Muchtar Effendi karena kesaksiannya membuat sang paman dijebloskan ke penjara atas kasus memberikan keterangan palsu dalam persidangan sengketa Pilkada Empat Lawang dan Pilkada Kota Palembang dengan terdakwa mantan Ketua MK, Akil Mochtar.

"Awalnya kan muncul dari youtube, dia itu adalah seksi pada kasus Ketua MK dan dia merasa bersalah di situ karena dia adanya keterangan menurut dia dipaksa oleh penyidik oleh korban (Novel). Setelah kami periksa kami akan cocokkan. Makanya kami koordinasi ke sini," ujar Argo.

Menurut Argo, pihaknya akan membeberkan proses penanganan teror terhadap Novel selama ini kepada Pimpinan KPK. Pun termasuk mengenai dilepaskannya Miko.

"Semua akan jelaskan kepada pimpinan KPK," tandas Argo.

KEYWORD :

KPK Novel Baswedan Polda Metro




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :