Sabtu, 27/04/2024 16:55 WIB

Safari Ramadan Masjid Ukhuwah Islamiyah Gelar Kajian Ramadan dan Doa Bersama untuk Palestina

Safari Ramadan Masjid Ukhuwah Islamiyah Gelar Kajian Ramadan dan Doa Bersama untuk Palestina

Kajian Ramadan yang digelar Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia.

Jakarta, 16 Maret 2024 – Menyambut Ramadan 1445H, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia menggelar kajian Ramadan jelang berbuka puasa. Dalam kegiatan yang didukung AQUA tersebut turut dilangsungkan doa bersama untuk Palestina. Sebanyak lebih dari 300 mahasiswa UI menghadiri kajian dan doa bersama tersebut yang dilaksanakan pada Jum’at (15/3).

Hadir sebagai pembicara antara lain, Ustadz Hafiz Kurniawan, Nurul Dina Rahmawati, S.Gz., M.Sc dan moderator Maman Suherman, pegiat sosial sekaligus influencer. Kegiatan ini selain menjalin tali silaturahmi juga menjadi ajang berbagi informasi terkait kesehatan dan lingkungan selama menjalankan ibadah puasa.

Ustadz Hafiz Kurniawan mengatakan moment Ramadan adalah untuk membangun kesadaran ummat dan membangun kepedulian terhadap lingkungan sosial kita. “Ramadan harus menjadi pendorong bagi kita untuk membangun kembali kesadaran yang selama ini terabaikan seperti kesadaran terhadap lingkungan, sosial dan kesehatan kita sendiri,” jelas Ustadz Hafiz Kurniawan.

Mengenai doa bersama untuk Palestina yang turut digelar, Hafiz Kurniawan mengatakan bahwa momentum Ramadan sebaiknya mendorong kita melakukan hal-hal yang dapat membantu ummat Islam di Palestina. “Doa bersama adalah soal kemanusiaan. Dengan cara ini kita dapat memberikan perhatian untuk masyarakat di Gaza, bagaimana agar anak-anak, permepuan, lansia dan masyarakat di Palestina pada umumnya mendapatkan hak-hak sipilnya,” jelas Hafiz Kurniawan.

Dosen di Departemen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Nurul Dina Rahmawati, S.Gz., M.Sc, yang turut hadir memberikan materi mengenai kesehatan di bulan puasa mengingatkan pentingnya menjaga kebutuhan hidrasi tubuh selama berpuasa. “Saya berharap temen-teman mahasiswa bisa lebih sadar lagi dalam pemenuhan gizi seimbang, tidak lagi hanya memperhatikan karbohidrat dan protein, tapi juga buah dan sayur, beraktivitas fisik, minum air putih yang cukup dan mengelola stress,” jelas Dina.

Lebih lanjut, Dina mengatakan yang sering terabaikan saat berpuasa adalah status hidrasi. “Meskipun sedang berpuasa, bukan jadi halangan untuk memenuhi asupan air minum kita dengan memastikan 8 gelas sehari, yang bisa dipenuhi saat sahur, berbuka hingga menjelang tidur,” jelas Dina.

Safari Ramadan bersama DKM Masjid Ukhwah Islamiyah UI merupakan upaya AQUA untuk memastikan kecukupan hidrasi disaat Ramadan. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk kajian interaktif mengenai isu-isu terkini tentang kesehatan dan lingkungan dan juga disertai doa bersama untuk Palestina ini berlangsung di berbagai masjid di tanah air.

KEYWORD :

Ramadan Aqua Palestina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :