Kamis, 16/05/2024 04:04 WIB

Legislator Ajak Pemilih Pemula Aktif Terlibat di Pemilu 2024

Banyak Caleg muda yang tidak mempunyai pengalaman sebelumnya bagaimana kita tahu mereka itu berkualitas? Caranya adalah kita liat dulu latar belakang organisasinya dan keterlibatannya dalam organisasi masyarakat itu sejauh mana dan dampak apa yang sudah diberikan.

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifa Amaliah mengatakan, Pemilu 2024 banyak didominasi oleh pemilih pemula yang tidak mengetahui latar belakang dari masing-masing Calon Legislatif (Caleg) di Daerah Pemilihannya.

Menurut dia, para pemilih pemula juga harus mencari tahu latar belakang para Caleg, khususnya yang merupakan pendatang baru dan berusia muda. Hal itu penting agar para pemilih bisa mengetahui kualitas dari para Caleg tersebut.

“Banyak Caleg muda yang tidak mempunyai pengalaman sebelumnya bagaimana kita tahu mereka itu berkualitas? Caranya adalah kita liat dulu latar belakang organisasinya dan keterlibatannya dalam organisasi masyarakat itu sejauh mana dan dampak apa yang sudah diberikan,” kata Ledia dalam keterangan resminya, Selasa (13/2).

Hal yang sama diutarakan dalam acara diskusi yang diselenggarakan Sekretariat Jendral (Setjen) DPR RI bersama dengan Tempo, kemarin. Acara tersebut bertajuk “Pemilu Legislatif, Bijak Memilih Pasti Terwakili”.

Ledia menyampaikan, pemilu legislatif adalah momen penting untuk menentukan wakil di Parlemen. Meskipun telah banyak kemajuan dalam penyelenggaraan pemilu di Indonesia, masih terdapat sejumlah tantangan yang perlu diatasi untuk meningkatkan kualitas pemilu. Seperti transparasi dan akuntabilitas.

Sementara itu, Anggota DPR RI Fadli Zon menambahkan pemilu di Indonesia merupakan pemilu yang paling “Kompleks” dibandingkan dengan negara lain.

“Saya sudah mengikuti sejumlah pemilu di negara lain dan bisa dikatakan bahwa Indonesia itu yang paling sederhana semuanya masih manual,” imbuhnya.

 

KEYWORD :

Warta DPR Komisi X PKS Ledia Hanifa Amaliah pemilih pemula Caleg Pemilu 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :