Rabu, 15/05/2024 15:02 WIB

Hoaks! Hindari Penumpang Pendukung AMIN ke JIS, 49 Kereta Api Libur Panjang

Hoaks! Hindari Penumpang Pendukung AMIN ke JIS, 49 Kereta Api Libur Panjang

Hoaks! Hindari Penumpang Pendukung AMIN ke JIS, 49 Kereta Api Libur Panjang. (Foto: Tangkapan Layar/Agus Mughni/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Beredar sebuah video dengan narasi bahwa sebanyak 49 kereta api (KA) jarak jauh libur panjang demi menghindari penumpang pendukung pasangan nomor urut satu Anies-Cak Imin (AMIN) menuju Jakarta Internasional Stadium (JIS), untuk menghadiri kegiatan kampanye Akbar pada tanggal 10 Februari 2024. Video ini beredar di media sosial baru-baru ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di X (dulunya Twitter). Akun X bernama Michel Adam mempostingnya pada 7 Februari 2024.

"49 kereta api jarak jauh libur panjang karena takut mengangkut penumpang menuju JIS tgl 10 jad diliburkan sampai tgl 11," demikian narasi dalam video tersebut.

Dalam video yang berdurasi 0:13 detik itu, juga tertulis kata-kata yang bermakna hujatan seperti pencundang, jahat, dan sebagainya.

Akan tetapi, video yang diunggah oleh akun @micheladam7 tersebut tidak berselang lama dihapus. Namun setelah ditelusuri, terdapat video serupa di platform TikTok yang diunggah oleh akun @cicimu18 atau Dena pada Sabtu (3/2/24) lalu. Nampaknya, akun @micheladam7 mengambil dan meng-upload ulang video itu dari akun Dena.

Setelah mendapati video tersebut, tim Jurnas.com melakukan penelusuran untuk membuktikan kebenarannya. Dari hasil penelusuran ditemukan bahwa informasi yang disebarkan kedua akun tersebut tidak benar.

Faktanya, tidak ditemukan informasi valid yang menyatakan bahwa 49 kereta api jarak jauh diliburkan panjang sampai tanggal 11 Februari 2024. Justru, berdasarkan keterangan resmi PT Kereta Api Indonesia (KAI) melalui websitenya menyatakan, KAI menambah 10 perjalanan KA jarak jauh untuk periode terebut.

Berikut keterangannya:

“Guna melayani penumpang pada periode long weekend libur Isra Mikraj dan Cuti Bersama Imlek yakni Rabu (7/2) s.d Minggu (11/2), PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan total sebanyak 1.085 Kereta Api Jarak Jauh pada periode liburan tersebut, atau rata-rata 217 perjalanan KA Jarak Jauh per hari. Terdapat penambahan 10 perjalanan KA Jarak Jauh yang beroperasi dibanding dengan pekan sebelumnya yaitu Rabu (31/1) s.d Minggu (4/2) dengan total jumlah perjalanan sebanyak 1.075 KA Jarak Jauh,” kata KAI dalam laman resminya.

Lebih lanjut, KAI juga menerangkan “KA-KA Jarak yang ditambah perjalanannya yaitu 4 perjalanan KA Manahan (Gambir - Solo Balapan pp), 4 perjalanan KA Sancaka (Yogyakarta - Surabaya Gubeng pp), dan 2 perjalanan KA Kaligung (Cirebon Prujakan – Semarang Poncol pp),” terangnya.

Terpisah, dilansir dari Republika.co.id, PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mengoperasikan 49 kereta api jaran jauh (KAJJ). Hal tersebut dalam rangka menyambut libur panjang peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad Saw dan tahun baru Imlek 2024.

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif menjelaskan 49 KAJJ tersebut terdiri dari 45 KA jarak jauh reguler, dua KA jarak jauh tambahan, dan dua KA lokal komersial tambahan. Pengoperasian KA tambahan akan berlangsung pada tanggal 8-11 Februari, yang bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan yang akan melakukan perjalanan pada libur panjang pada akhir pekan dengan menggunakan transportasi kereta api.

Dengan demikian, konten video yang menarasikan bahwa 49 KA jarak jauh libur panjang demi menghindari penumpang pendukung AMIN menuju JIS adalah tidak benar atau hoaks.

KEYWORD :

Cek Fakta KAI Kereta Api Jarak Jauh Libur Panjang Kampanye Akbar AMIN JIS




JURNAS VIDEO :



PILIHAN REDAKSI :