Sabtu, 27/04/2024 14:56 WIB

Umat Kristen Palestina Terguncang Pemboman Gereja Ortodoks Yunani Tertua di Gaza

Umat Kristen Palestina Terguncang Pemboman Gereja Ortodoks Yunani Tertua di Gaza
 

Seorang pekerja menghiasi pintu masuk Manger Square dengan bendera Palestina dan Kota Betlehem pada 1999. (FOTO: REUTERS)

JAKARTA - Melalui lagu-lagu Natal, kue-kue, dan lampu Natal, tanggal 25 Desember ditandai dengan kegembiraan dan perayaan kelahiran Yesus bagi lebih dari 2 miliar umat Kristiani di seluruh dunia.

Namun, malam yang sunyi menimpa 50.000 umat Kristen di Palestina – jumlah yang mengalami penurunan drastis.

Keamanan umat Kristen di Palestina terguncang oleh pemboman terhadap Gereja Ortodoks Yunani tertua di Gaza, Saint Porphyrius, pada bulan Oktober, yang menewaskan sedikitnya 18 orang termasuk anak-anak.

Pasukan Israel juga menembak dan membunuh seorang ibu lanjut usia beragama Kristen dan putrinya di sebuah gereja Katolik di Gaza pada hari Sabtu (23/12/2023).

Tahun ini, banyak ritual gembira yang menjadi ciri Natal di Palestina akan digantikan dengan upacara yang lebih sederhana, berkabung dan berdoa, menyoroti realitas terkini di wilayah tersebut.

Gereja Lutheran, misalnya, menyimpan Bayi Yesus di dalam palungan reruntuhan dan kehancuran.

Apakah Yesus orang Palestina?

Banyak aliran pemikiran Kristen percaya bahwa Yesus dilahirkan di Betlehem, di Tepi Barat yang sekarang diduduki Israel.

Yesus lahir di sisi tembok kita ,” kata pendeta Palestina Pendeta Munther Isaac kepada Al Jazeera.

Isaac menambahkan, narasi kelahiran Yesus di Betlehem didukung oleh arkeologi dan kitab suci seperti Injil Lukas.

“Ini tahun 2023, dan pada hari Natal, di seluruh dunia, jutaan, ratusan juta, bahkan lebih, umat Kristiani pergi ke gereja, membaca tentang Betlehem, bernyanyi tentang Betlehem dan berpikir mungkin Betlehem sebagai tempat yang mistis, seperti sebuah dongeng, tanpa disadari bahwa itu adalah tempat yang nyata dengan masyarakatnya, dengan komunitas Kristen yang telah menjaga tradisi tersebut tetap hidup selama 2.000 tahun.”

Bagaimana kisah Natal?

“Ketika keluarga Yesus tinggal di Nazareth saat itu, mereka melakukan perjalanan dari Nazareth ke Betlehem untuk pendaftaran [sensus] itu,” cerita Isaac, dengan jeda berpikir di antara kalimatnya.

Isaac menarik kesejajaran antara kisah kelahiran Yesus dengan situasi terkini di Palestina.

“Kami selalu berada di bawah kerajaan. Kami selalu telantar,” kata Isaac menjelaskan, Yesus lahir saat Palestina berada di bawah kekuasaan Romawi.

Keputusan kekaisaran memerintahkan keluarga Yesus untuk mendaftar sensus di Betlehem, tambah Pendeta Mitri Raheb, pendeta Palestina lainnya dari Betlehem.

Raja Herodes memerintahkan pembantaian bayi laki-laki, yang menyebabkan keluarga Yesus melarikan diri ke Mesir sebagai pengungsi, jelas Isaac

Menurut Alkitab, Yesus dilahirkan di Betlehem dan kemudian ditempatkan di palungan.

Gereja Kelahiran dibangun di lokasi ini dan guanya memiliki makna keagamaan yang besar, menarik umat Kristiani dari seluruh dunia ke kota Betlehem setiap Natal.

Prosesi para leluhur

Salah satu ritual Natal terpenting di Palestina adalah prosesi bapa bangsa dari Yerusalem. Prosesi ini berlangsung pada tanggal 24 Desember bagi umat Katolik dan pada tanggal 6 Januari bagi para patriark Ortodoks.

Rute prosesi yang ditentukan yang telah diikuti di seluruh Kekaisaran Ottoman dan mandat Inggris kini terukir dalam tradisi, jelas Isaac.

Sang patriark diterima dari Yerusalem di Betlehem dan kemudian prosesi berjalan melalui jalan-jalan kota tua di Betlehem hingga mencapai Gereja Kelahiran, tempat diadakannya doa.

Otoritas Israel dan polisi Palestina mengawal prosesi tersebut, tergantung pada wilayah yang dilalui prosesi tersebut.

Kedatangan prosesi tersebut merupakan sebuah kemeriahan yang disambut oleh beberapa kelompok pramuka dan band musik dari seluruh Palestina.

Orang-orang meninggalkan rumah mereka untuk berjalan-jalan di kota dan menyaksikan semangat Natal.

Tahun ini, band dan pramuka tidak hadir, malah prosesinya sepi.

Misa tengah malam dan Manger Square

Begitu prosesi mencapai gereja, doa dimulai pada pukul 17.00 waktu setempat dan berlangsung hingga tengah malam, dengan misa tengah malam disiarkan untuk disaksikan dunia, kata Raheb.

Manger Square di Betlehem juga dihiasi dengan pohon Natal besar dan pertunjukan diadakan di sana. Tahun ini, tidak ada pohon Natal di Manger Square.

Sebaliknya, “masyarakat sipil dan beberapa seniman sedang mengerjakan sebuah tempat tidur bayi baru yang terbuat dari puing-puing sebagai tanda atas apa yang terjadi di Gaza”, kata Raheb.

Dia menambahkan bahwa sebuah video akan diputar di dinding Gereja Kelahiran, menunjukkan apa yang terjadi di Gaza.

Belanja, kumpul-kumpul dan Ma`amoul

Sebagai seorang anak, Isaac dengan senang hati mengunjungi Yerusalem bersama orangtuanya untuk berbelanja Natal.

Beberapa pasar menjual pakaian dan dekorasi perayaan untuk musim liburan. Merupakan tradisi untuk membeli pakaian terbaik dari Yerusalem dan menyimpannya untuk Natal.

“Anda tahu bagaimana di Amerika Anda pergi ke mal besar? Kami biasa pergi ke Yerusalem. Kami tidak bisa berbuat apa-apa lagi,” kata Isaac, menyinggung ketatnya aturan perizinan di wilayah tersebut, yang membatasi mobilitas warga Palestina.

Natal adalah saat ketika keluarga bertemu, di Palestina dan di tempat lain. Meskipun keluarga bisa berarti sekelompok kecil kerabat dekat di Barat, “Ketika saya mengatakan `keluarga` di Betlehem, yang saya maksud adalah seluruh 200 atau lebih anggota keluarga Isaac di kota kami – klan,” kata Isaac.

Setelah pertemuan besar awal seluruh anggota keluarga, rumah-rumah individu dikunjungi. Pesta nasi dan daging dinikmati dan makanan penutup serta makanan lezat buatan sendiri dipertukarkan. Ini termasuk ka`ek, atau ma`amoul – kue kue semolina yang diisi dengan kurma atau kacang.

Pohon Natal yang besar menjadi pusat perhatian di setiap gereja, tempat pesta dan jamuan makan diselenggarakan.

Tahun ini, pesta-pesta telah dibatalkan dan “tidak ada seorang pun yang berminat… mendekorasi pohon Natal”, kata Isaac.

Apakah umat Islam merayakan Natal di Palestina?

Isaac menjelaskan, Natal merupakan hari libur nasional bagi seluruh warga Palestina, bukan hanya hari raya umat Kristiani. Otoritas Palestina menganggapnya sebagai hari libur nasional dan kantor-kantor pemerintah biasanya tutup pada hari Natal.

Beberapa Muslim Palestina mengunjungi Betlehem pada hari Natal untuk menghadiri parade dan berfoto dengan pohon Natal.

“Bagaimanapun juga, Yesus berasal dari Betlehem. Dan ini sangat berarti bagi kami sebagai warga Palestina,” kata Isaac. (*)

 

 

KEYWORD :

Israel Teroris Palestina Natal Betlehem Israel Gaza ritual Yesus




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :