Sabtu, 27/04/2024 16:44 WIB

Dua Bank Arab Saudi Digugat Terkait Teroris WTC

Gugatan diajukan itu berkaitan dengan serangan 11 September 2001 yang disampaikan ke Pengadilan tingkat distrik di Manhattan.

Serangan WTC, News York, 11 September 2001

New York - Dua bank Arab Saudi, yakni Al Rajhi Bank dan National Commercial Bank di gugat puluhan perusahaan penerbit asuransi di Amerika Serikat yang berafiliasi kepada Travelers Cos. Dua bank yang berafiliasi dengan keluarga Osama bin Laden serta yayasannya di dugat 4,2 miliar dollar As.

Gugatan diajukan itu berkaitan dengan serangan 11 September 2001 yang disampaikan ke Pengadilan tingkat distrik di Manhattan. Cara ini sebagai upaya meminta entitas Arab Saudi ikut bertanggung jawab dalam serangan itu.

Pada serangan itu, 3000 orang tewas akibat pesawat terbang yang dibajak teroris ditabrakkan ke World Trade Center di New York, Pentagon dekat Washington, D.C. dan sebuah lapangan di Pennsylvania.

Pihak yang digugat di antaranya adalah Al Rajhi Bank, National Commercial Bank, kontraktor penerbangan Dallah Avco, Mohamed Binladin Co, Muslim World League, dan berbagai yayasan Saudi lainnya. Mereka dituduh membantu serangan 11 September itu melalui berbagai aktivitas yang mendukung Alqaeda.

Dilansir Reuters, Al Rajhi sudah membantah bahwa pengadilan AS sudah berulang kali menolak gugatab serupa iutu kepada bank itu karena tidak ada kaitannya dengan terorisme dan telah beroperasi dengan mengindahkan standard normal berusaha.

KEYWORD :

Teroris Serangan WTC Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :