Selasa, 30/04/2024 03:48 WIB

Film Super 8 Karya Steven Spielberg Jadi Inspirasi Duffer Brothers di Stranger Things

Film Super 8 Karya Steven Spielberg Jadi Inspirasi Duffer Brothers di Stranger Things

Film Super 8 Karya Steven Spielberg Jadi Inspirasi Duffer Brothers di Stranger Things (FOTO: NETFLIX)

JAKARTA - Film Super 8 Karya Steven Spielberg Jadi Inspirasi Duffer Brothers di Stranger Things

Netflix memiliki banyak hits selama masa jabatannya, tetapi ada satu yang paling menonjol: Stranger Things. Drama fiksi ilmiah dari Matt dan Ross Duffer telah memasuki budaya pop seperti kereta barang, menginspirasi segalanya mulai dari rumah berhantu hingga persilangan dengan Teenage Mutant Ninja Turtles.

Sebagian dari hal itu terletak pada cara Stranger Things memakai pengaruhnya pada sampulnya; segala sesuatu mulai dari Dungeons & Dragons hingga film horor tahun 80-an dijalin ke dalam DNA acara tersebut. Namun pengaruh terbesarnya adalah Steven Spielberg.

Filmografi Spielberg-lah yang membantu membentuk DNA Stranger Things, baik itu film yang dia sutradarai atau produksi saja; pemeran karakter mudanya memberi penghormatan kepada The Goonies, sedangkan kejadian supernatural adalah penerus spiritual dari Close Encounters of the Third Kind.

Duffer Brothers telah memilih satu film Steven Spielberg yang memberikan pengaruh besar pada Stranger Things, dan itu adalah Super 8.

The Duffers menyinggung seberapa besar pengaruh Super 8 dalam proses kreatif mereka ketika mereka menjadi tamu di podcast Happy Sad Confused:

"Kami ingin menghadirkan kembali kisah keluarga yang tidak ironis, tulus, penuh petualangan, yang sepertinya telah hilang – dengan pengecualian `Super 8`, tidak ada yang melakukannya. Dan `Super 8` baik hati hanya sekali saja. Saya menyukai `Super 8`, tapi kemudian hilang begitu saja. Tidak ada orang lain yang melakukannya. Dan menurut saya ada minat – atau itulah yang saya harapkan – untuk jenis cerita seperti ini, jadi itu lebih dari itu. Daripada apa pun, mencoba untuk tetap berada di zona itu."

Tentang Apa `Super 8` Itu, dan Bagaimana Ini Memberi Penghormatan kepada Steven Spielberg?

Diproduksi oleh Steven Spielberg dan disutradarai oleh JJ Abrams , Super 8 mengisahkan Joe Lamb (Joel Courtney) saat ia bekerja membuat film zombie buatan sendiri bersama teman-temannya.

Sesuai dengan judulnya, film mereka seluruhnya diambil dengan kamera Super 8. Keadaan menjadi tidak menentu ketika anak-anak menyaksikan kecelakaan kereta api, dan serangkaian kejadian aneh membuat mereka menemukan bahwa kereta itu berisi makhluk luar angkasa yang sangat besar.

Alien tersebut berusaha melarikan diri dari Bumi, dan ia menginginkan bantuan anak-anak — memimpin mereka dalam perjalanan untuk menghindari militer, yang datang untuk menangkap kembali atau membunuh makhluk tersebut. Mereka juga ingin menyelesaikan film dang mereka!

JJ Abrams melakukan tindakan penyeimbangan yang intens dengan Super 8: dia tidak hanya berhasil menyusun cerita orisinal dengan Super 8, tetapi dia juga memberi penghormatan kepada Steven Spielberg sepanjang film.

Sekali lagi Close Encounters memberikan pengaruh besar; film ini bahkan berakhir dengan pesawat alien yang naik ke langit sementara karakter manusia terlihat kagum.

Namun JJ Abrams tidak hanya membatasi penghormatannya pada film-film Steven Spielberg — ia juga mengambil tema dari karya-karya Steven Spielberg.

Hal paling utama di antara mereka adalah gagasan tentang sebuah keluarga yang hancur karena kesedihan, ketika Joe berjuang untuk terhubung dengan ayahnya (Kyle Chandler) setelah ibunya meninggal.

Joe juga mulai mengembangkan perasaan terhadap salah satu temannya Alice (Elle Fanning), yang memiliki komplikasi tersendiri karena ayahnya menyalahkan ayahnya atas kematian ibu Joe.

Bagaimana `Super 8` Mempengaruhi `Stranger Things`

The Duffers membawa cerita masa lalu mereka sendiri ke Stranger Things, sekaligus mengambil gambar dari Super 8. Kedua proyek ini memiliki satu kesamaan: mereka berkisah tentang kesialan sekelompok remaja , dan kekuatan utama cerita mereka terletak pada pemeran yang lebih muda.

Di Super 8, Joe menemukan kesamaan dengan teman-temannya Charles (Riley Griffiths), Cary (Ryan Lee) dan Martin (Gabriel Basso); film mereka adalah cara bagi mereka untuk melupakan masalah mereka. Ketika alien tersebut mengambil Alice, Joe dan teman-temannya mempunyai rencana yang tidak lazim untuk membebaskannya.

Demikian pula, Stranger Things berkisah tentang persahabatan antara Will Byers (Noah Schnapp) dan teman-temannya Dustin (Gaten Matarazzo), Lucas (Caleb McLaughlin) dan Mike (Finn Wolfhard).

Mereka bermain Dungeons and Dragons, berdagang buku komik X-Men, dan berdandan sebagai Ghostbusters untuk Halloween.

Ketika Will menghilang secara misterius, teman-temannya mengetahui tentang dimensi yang dikenal sebagai Upside Down dan bertemu dengan seorang gadis psikis misterius bernama Eleven (Millie Bobby Brown).

Sama seperti alien Super 8 yang disalahpahami, Eleven terungkap memiliki masa lalu kelam sebagai Stranger Things terungkap.

Upaya yang dilakukan para aktor muda dalam penampilan mereka membantu memasukkan elemen cerita yang lebih fantastis ke dalam emosi manusia, dan membuat Super 8 dan Stranger Things berdiri tegak di atas proyek lainnya yang berupaya meniru sentuhan Steven Spielberg.

"Super 8" dan "Stranger Things" Membuka Pintu bagi Penciptanya

Saat Stranger Things memasuki musim kelima dan terakhirnya (tergantung pada hasil serangan WGA/SAG-AFTRA), Duffer Brothers memiliki rencana untuk memperluas jangkauannya ke luar waralaba dengan proyek-proyek masa depan di bawah label Upside Down Pictures mereka, termasuk proyek mereka sendiri manga Death Note yang populer serta serial animasi berlatar dunia Stranger Things.

Ini mencerminkan jalan yang diambil Abrams setelahnya Super 8 ; meskipun ia mengarahkan reboot Star Trek sebelum memimpin Super 8, keberhasilannya menghasilkan proyek besar lainnya. Yang paling utama adalah Star Wars: The Force Awakens, yang menghidupkan kembali Star Warswaralaba setelah pembelian Lucasfilm oleh Disney. Dia juga menjabat sebagai produser di acara TV terkenal termasuk Westworld dan Lovecraft Country.

Abrams dan Duffer Brothers adalah contoh lain dari pencipta yang berhasil membangun seluruh kerajaan berdasarkan proyek aslinya, sekaligus menggunakan karya Steven Spielberg sebagai pengaruh untuk proyek tersebut. Meskipun penonton mungkin mengingat Abrams atas karyanya di Star Wars dan Star Trek , Super 8 juga layak mendapat pengakuan atas perannya dalam membentuk Stranger Things .

Stranger Things musim 1-4 tersedia untuk streaming di Netflix, sedangkan Super 8 tersedia untuk streaming di Paramount+. (*)

 

KEYWORD :

Seputar Film Kabar Artis Steven Speilberg Stranger Things Duffer Brothers Netflix




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :