Selasa, 14/05/2024 10:07 WIB

1 dari 10 Orang Jepang Hidup di Atas 80 Tahun

1 dari 10 Orang Jepang Hidup di Atas 80 Tahun

Lansia di Jepang (Foto: AFP)

Tokyo, Jurnas.com - Lebih dari 10 persen orang Jepang berhasil melampaui usia lebih dari 80 tahun, menurut data resmi terbaru yang dikeluarkan pemerintah pada Minggu (17/9). Penemuan ini menjadi dilema di saat populasi Jepang menua dengan cepat.

Dikutip dari AFP pada Senin (18/9), laporan itu juga menunjukkan bahwa jumlah penduduk Jepang yang berusia 65 tahun atau lebih meningkat ke rekor 29,1 persen, dibandingkan 29,0 persen tahun lalu.

Angka tersebut jauh lebih tinggi daripada Italia di peringkat kedua sebesar 24,5 persen, dan Finlandia sebesar 23,6 persen di urutan ketiga.

"Jepang mempunyai persentase populasi lansia tertinggi di dunia," demikian keterangan Kementerian Dalam Negeri Jepang dalam pernyataannya.

Selama beberapa dekade, populasi Jepang menyusut dan bertambah tua seiring dengan banyaknya generasi muda yang menunda pernikahan dan anak, akibat pekerjaan yang tidak stabil dan kesulitan ekonomi.

Akibatnya, biaya perawatan lansia di Jepang membengkak karena jumlah generasi muda yang tidak mencukupi untuk mengisi pekerjaan dan membiayai berbagai program sosial dan kesejahteraan.

Saat ini, sekitar 12,59 juta orang berusia 80 tahun ke atas, sementara 20 juta orang berusia 75 tahun ke atas, sehingga Jepang bergantung pada angkatan kerja lanjut usia.

Lebih dari 9 juta lansia bekerja, yang mencakup 13,6 persen angkatan kerja, atau satu dari tujuh pekerja di Jepang. Seperempat dari seluruh lansia di Jepang memiliki pekerjaan, lebih sedikit dibandingkan Korea Selatan yang berjumlah 36,2 persen, namun jauh di atas negara-negara berkembang lainnya seperti Amerika Serikat yang memiliki 18,6 persen, dan Perancis sebesar 3,9 persen.

KEYWORD :

Usia Lanjut Lansia Jepang 80 Tahun




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :