Kamis, 16/05/2024 05:04 WIB

Presiden Jokowi Resmi Buka KTT ASEAN 2023, Tegaskan Kapal ASEAN Terus Melaju

Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN ke-43 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi resmi membuka KTT ASEAN Ke-43 di Jakarta. (Foto: Jurnas/Dok Setpres).

Jakarta, Jurnas.com- Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN ke-43 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam pernyataannya, Jokowi mengatakan kapal besar ASEAN tetap berlayar dan tidak mengalami perpecahan.

"Dengan mengucap bismillahirahmaanirrahiim, KTT ke-43 ASEAN dan KTT lainnya dengan ini saya resmikan dibuka," katanya di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan soal nilai kekeluargaan yang dibawa oleh negara-negara anggota ASEAN. Dia mengakui kerap mendapat pandangan `miring` soal kekeluargaan yang dibawa oleh komunitas di kawasan.

"Memang, akhir-akhir ini saya sering mendengar pertanyan publik terkait ASEAN, yaitu apakah ASEAN akan terpecah dan tidak bisa bersatu? apakah kapal ASEAN mampu terus melaju?," tegas Jokowi.

Pada kesempatan ini, Kepala Negara memastikan kalau kapal besar yang membawa ASEAN tetap akan berlayar sebagai satu kesatuan di kawasan. Dia juga mengatakan kalau persatuan yang sempat diragukan tersebut masih terpelihara dengan baik.

"Yang mulia, pada momentum yang baik ini sebagai anggota keluarga dan sebagai Ketua ASEAN, saya ingin menegaskan bahwa persatuan ASEAN sampai dengan saat ini masih terpelihara dengan baik," tandas Jokowi.

KEYWORD :

Jokowi KTT ASEAN Kapal ASEAN Melaju Perpecahan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :