Sabtu, 11/05/2024 02:12 WIB

Yevgeny Prigozhin, Bos Tentara Bayaran Rusia Dikabarkan Tewas

Pesawat yang melakukan perjalanan dari Moskow ke St Petersburg itu jatuh di dekat desa Kuzhenkino di Wilayah Tver.

Yevgeny Prigozhin, pendiri pasukan tentara bayaran Wagner Rusia, berbicara di Paraskoviivka, Ukraina, dalam gambar diam yang diambil dari video tak bertanggal yang dirilis pada 3 Maret 2023. (Gambar: Reuters/Concord Press Service)

MOSKOW, Jurnas.com - Kepala tentara bayaran Rusia, Yevgeny Prigozhin terdaftar sebagai penumpang jet pribadi yang jatuh di wilayah Tver, Moskow pada Rabu malam (23/8).

Tidak ada konfirmasi bahwa Prigozhin secara fisik berada di pesawat tersebut dan media tidak dapat segera memastikan bahwa dia ada di dalam pesawat tersebut.

"Penyelidikan telah diluncurkan terhadap kecelakaan pesawat Embraer yang terjadi malam ini di wilayah Tver. Menurut daftar penumpang, nama dan nama keluarga Yevgeny Prigozhin termasuk di antara mereka," kata Rosaviatsia, badan penerbangan Rusia, seperti dikutip oleh Kantor berita negara, TASS.

Kementerian Situasi Darurat Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pesawat yang melakukan perjalanan dari Moskow ke St Petersburg itu jatuh di dekat desa Kuzhenkino di Wilayah Tver.

Dikatakan bahwa 10 orang berada di dalamnya, termasuk tiga awak kapal. Menurut informasi awal, semua orang di dalamnya tewas.

Prigozhin, 62 tahun, mempelopori pemberontakan melawan petinggi militer Rusia pada 23-24 Juni yang menurut Presiden Vladimir Putin dapat memicu perang saudara di Rusia.

Pemberontakan itu diakhiri dengan negosiasi dan kesepakatan Kremlin yang membuat Prigozhin setuju untuk pindah ke negara tetangga Belarus. Namun dia tampak bebas bergerak di Rusia setelah kesepakatan itu.

Prigozhin, yang berusaha menggulingkan Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu dan Kepala Staf Umum, Valery Gerasimov, pada Senin mengunggah sebuah video yang menurutnya diambil di Afrika.

Laporan media Rusia yang belum dikonfirmasi mengatakan bahwa Dmitry Utkin, tangan kanan Prigozhin, juga berada di pesawat tersebut dan Prigozhin serta rekan-rekannya menghadiri pertemuan dengan pejabat dari Kementerian Pertahanan Rusia.

Reuters tidak dapat mengkonfirmasi hal tersebut dan belum ada komentar langsung dari kementerian pertahanan atau Kremlin.

Segera setelah pesawat jatuh dari langit, jet pribadi kedua yang terhubung dengan Prigozhin yang juga tampaknya menuju ke St Petersburg, markas Prigozhin, kembali ke Moskow, menurut data pelacakan penerbangan, dan kemudian mendarat.

Pelacak online radar penerbangan 24 menunjukkan bahwa Embraer Legacy 600 (nomor pesawat RA-02795) telah hilang dari radar pada pukul 18.11.

Sebuah klip video yang belum diverifikasi yang diposting ke media sosial menunjukkan sebuah pesawat menyerupai jet pribadi jatuh dari langit menuju bumi.

Klip lain yang belum diverifikasi menunjukkan puing-puing pesawat yang masih terbakar di darat. Setidaknya satu tubuh terlihat.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Kecelakaan Pesawat Tentara Bayaran Rusia Yevgeny Prigozhin Tver Moskow




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :