Jum'at, 17/05/2024 17:16 WIB

Bos Wagner Unggah video Pertama Sejak Pemberontakan Rusia

Video yang kemungkinan diambil di Afrika itu dibagikan melalui Telegram yang berafiliasi dengan Grup Wagner.

Kepala tentara bayaran Rusia Yevgeny Prigozhin. (File foto: Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Kepala tentara bayaran Rusia, Yevgeny Prigozhin mengunggah pidato video pertamanya sejak memimpin pemberontakan singkat pada akhir Juni. Video yang kemungkinan diambil di Afrika itu dibagikan melalui Telegram yang berafiliasi dengan Grup Wagner.

Prigozhin terlihat berdiri di gurun dalam kamuflase dengan senapan di tangannya. Di kejauhan tampak lebih banyak pria bersenjata dan sebuah truk pickup. Komentar Prigozhin dan beberapa postingan di saluran pro-Wagner menunjukkan bahwa film tersebut difilmkan di Afrika.

"Suhunya 50+ (setidaknya 122 derajat Fahrenheit) – apa pun yang kami suka. PMC Wagner menjadikan Rusia lebih besar di semua benua dan Afrika – lebih bebas. Keadilan dan kebahagiaan bagi rakyat Afrika. Kami membuat hidup menjadi mimpi buruk bagi ISIS dan al-Qaeda serta bandit lainnya," kata Prigozhin.

Dia menambahkan, Wagner terus merekrut pejuang dan kelompoknya akan memenuhi tugas yang telah ditetapkan.

Video tersebut disertai dengan nomor telepon bagi mereka yang ingin bergabung dengan kelompok tentara bayaran.

Masa depan Wagner dan Prigozhin tidak jelas sejak mereka memimpin pemberontakan singkat melawan lembaga pertahanan Rusia dua bulan lalu.

Kremlin mengatakan dia dan beberapa tentaranya, yang telah bertempur dalam beberapa pertempuran paling sengit dalam perang Ukraina, akan berangkat ke Belarus.

Sejak pemberontakan tersebut, beberapa pejuang Wagner telah pindah ke Belarus dan mulai melatih tentara di sana. Dalam komentar yang dipublikasikan pada akhir Juli, Prigozhin juga mengatakan Wagner siap untuk lebih meningkatkan kehadirannya di Afrika.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Tentara Bayaran Rusia Yevgeny Prigozhin Grup Wagner




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :