Kamis, 16/05/2024 00:27 WIB

LPDP Beri Beasiswa untuk 280 Mahasiswa Asing UIII

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) bekerja sama untuk pemberian beasiswa kepada 280 mahasiswa asing

Penandatanganan MoU antara UIII dan LPDP terkait pemberian beasiswa kepada mahasiswa asing (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) bekerja sama untuk pemberian beasiswa kepada 280 mahasiswa asing, yang sedang menempuh studi doktoral di UIII.

Direktur LPDP, Dwi Larso, mengatakan bahwa ini adalah beasiswa pertama yang diinisiasi oleh LPDP, yang ditujukan untuk mahasiswa warga negara asing (WNA).

"UIII siap untuk program doktor yang kemudian kita bisa mendukung dengan LPDP. Jadi, kami di LPDP Program ini adalah memberikan beasiswa pertama kali pada WNA yang diinisiasi oleh LPDP," terang Dwi dalam penandatanganan nota kerja sama di Kampus UIII, Depok, Jawa Barat pada Selasa (15/8).

Mengingat UIII sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN), lanjut Dwi, maka dukungan penuh harus terus dilancarkan oleh LPDP agar UIII dapat berjalan sesuai dengan visinya sebagai universitas internasional yang mendunia.

Rektor UIII, Prof. Komaruddin Hidayat menuturkan ada dua keuntungan yang akan didapatkan oleh negara dengan dukungan yang dilakukan LPDP. Keuntungan pertama, agar dapat memperkuat UIII yang berada di standar internasional.

Kedua, dengan mengundang profesor dan dosen asing ke kampus UIII, maka secara ekonomi cara tersebut lebih murah, karena perputaran uangnya berada di Indonesia.

Berbeda dengan halnya apabila LPDP mendanai mahasiswa Indonesia belajar ke luar negeri. Karena perputaran uangnya berada di negara-negara tujuan studi mahasiswa Indonesia.

"Namun program luar negeri terus dijalankan untuk memperbaik kualitas. Tapi yang dalam negeri ini penting karena sesungguhnya tadi, untuk meningkatkan langit keilmuan Indonesia, dengan menghadirkan mahasiswa asing, dosen asing sehingga lingkungannya memang internasional," terang Komaruddin.

Wakil Rektor bidang Riset, Kerja Sama, dan Pengembangan Masyarakat, Prof. Jamhari, mengungkapkan rasa syukur dengan diresmikannya kerja sama ini. Diharapkan dengan adanya dukungan ini dapat membuka pintu bagi mahasiswa asing belajar di kampus-kampus Indonesia.

"Saya harapkan ini dapat membuka pintu beasiswa selanjutnya bagi LPDP untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa asing untuk belajar di kampus-kampus Indonesia," tutup dia.

KEYWORD :

LPDP UIII Universitas Islam Internasional Indonesia Beasiswa Mahasiswa Asing




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :