Rabu, 15/05/2024 17:34 WIB

Pesan Kemdikbudristek saat Lepas 465 Penerima Beasiswa Luar Negeri

Pesan Kemdikbudristek saat Lepas 465 Penerima Beasiswa Luar Negeri

Pelepasan mahasiswa penerima beasiswa yang akan menjalani studi di luar negeri (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - 465 mahasiswa penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Luar Negeri resmi dilepas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), pada Rabu (9/8) di Jakarta.

Mereka terdiri dari 345 mahasiswa strata satu (S1), 35 mahasiswa strata dua (S2), dan 85 mahasiswa strata tiga (S3), yang akan memulai pendidikannya pada rentang Agustus hingga September 2023 di perguruan tinggi tujuannya masing-masing.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kemdikbudristek, Iwan Syahril berpesan supaya para mahasiswa menunjukkan semangat berkebinekaan global serta menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dengan membuka ruang komunitas baru.

"Kalian harus berinvestasi dengan membuka pertemanan seluas-luasnya. Selain kemampuan bahasa asingnya semakin terasah, yang lebih penting adalah pemahaman tentang budaya yang berbeda itu akan memperkuat rasa kemanuasiaan kita," ujar Iwan.

Iwan juga mengingatkan agar selalu menjaga integritas dan nama baik Indonesia. Menurut dia, melakukan hal-hal yang melanggar integritas, sama dengan mengkhianati kepercayaan rakyat Indonesia.

"Jangan ragu untuk menegur rekan Anda yang memiliki indikasi melakukan pelanggaran nilai-nilai integritas, khususnya terhadap ketentuan yang telah ditetapkan oleh BPI," tegas Iwan.

Sementara itu, Kepala Pusat Layanan Pendidikan Kemdikbudristek, Abdul Kahar, menyampaikan, BPI adalah program beasiswa dari Pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan dan membangun sumber daya manusia Indonesia, serta mengoptimalkan pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional.

"Untuk itu, pesan saya kepada para penerima beasiswa adalah selesai tepat waktu dan selesai dengan prestasi yang membanggakan bagi bangsa Indonesia," ujar Abdul Kahar.

BPI Kemendikbudristek terdiri dari berbagai jenis program beasiswa, yaitu untuk dosen perguruan tinggi akademik, dosen perguruan tinggi vokasi, pelaku budaya, Beasiswa Indonesia Maju, serta guru dan tenaga kependidikan.

Semua program beasiswa bergelar S1, S2, dan S3 untuk dalam dan luar negeri dilaksanakan oleh Balai Pembiayaan Pendidikan Tinggi (BPPT), Kemdikbudristek dan didanai oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan.

Pada 2023, BPI telah menjangkau penerima manfaat beasiswa sebanyak 6.236 mahasiswa yang tersebar di dalam negeri maupun luar negeri. Untuk beasiswa luar negeri, negera tujuan penerima beasiswa yang paling banyak dituju adalah Australia sebanyak 139 mahasiswa.

Adapun, dari 20 perguruan tinggi teratas tujuan penerima beasiswa, terdapat lima perguruan tinggi dengan penerima beasiswa terbanyak, yaitu University of Toronto sebanyak 50 orang, University British of Columbia sebanyak 41 orang, Nanyang Technological University sebanyak 34 orang, Monash University sebanyak 33 orang, dan University of New South Wales (UNSW) sebanyak 22 orang.

KEYWORD :

Beasiswa Pendidikan Indonesia Kemdikbudristek Iwan Syahril




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :