Sabtu, 11/05/2024 00:34 WIB

AS dan Israel Mulai Latihan Militer Bersama

Militer Israel mengatakan pada Senin (10/7) bahwa latihan tersebut akan memasukkan sejumlah skenario, termasuk serangan strategis jarak jauh.

Jet tempur F-16 Israel selama upacara kelulusan untuk pilot baru di pangkalan Hatzerim dekat kota Beersheba di Israel selatan, 28 Desember 2022 [File: Tsafrir Abayov / AP Photo]

JAKARTA, Jurnas.com - Pasukan Amerika Serikat (AS) dan Israel telah memulai latihan militer bersama di Israel saat kedua negara memperdalam kerja sama keamanan di tengah ketegangan dengan Iran.

Dikutip dari Al Jazeera, militer Israel mengatakan pada Senin (10/7) bahwa latihan tersebut akan memasukkan sejumlah skenario, termasuk serangan strategis jarak jauh.

Sementara itu, Komando Pusat militer AS (CENTCOM), yang mengawasi operasi di Timur Tengah, mengatakan pelatihan bersama, bagian dari rangkaian latihan yang dijuluki "Juniper Oak", menunjukkan komitmen AS untuk pertahanan Israel.

Latihan itu dilakukan kurang dari seminggu setelah pasukan Israel menggerebek kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat yang diduduki dengan serangan udara dan ratusan tentara, menewaskan sedikitnya 12 warga Palestina.

Tetapi pernyataan Israel dan AS menunjukkan bahwa latihan, yang mencakup pengisian bahan bakar jet tempur di udara yang diperlukan untuk mencapai sasaran jarak jauh difokuskan pada Iran.

"Acara ini juga menunjukkan komitmen penuh kami terhadap keamanan Timur Tengah dan kemampuan untuk mencegah tindakan permusuhan terhadap mitra regional," kata CENTCOM dalam sebuah pernyataan.

Militer Israel mengatakan dalam serangkaian tweet bahwa latihan tersebut bertujuan untuk mencapai "keunggulan udara di kawasan dan pertahanan dunia maya dalam menghadapi berbagai ancaman dan tantangan".

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden mengkritik pemerintah sayap kanan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dalam beberapa pekan terakhir karena memperluas permukiman ilegal di Tepi Barat. AS juga mengecam meningkatnya kekerasan pemukim terhadap warga Palestina.

Namun, para pejabat AS secara teratur menyuarakan dukungan "kuat" untuk Israel.

Meskipun dituduh melakukan kejahatan apartheid oleh kelompok hak asasi manusia terkemuka, termasuk Amnesty International, Israel menerima setidaknya $3,8 miliar bantuan AS setiap tahun.

Biden dan pembantu utamanya juga menekankan integrasi regional untuk memajukan kemitraan antara Israel dan negara-negara Arab melawan ancaman yang dirasakan bersama, yaitu Iran.

Washington telah mengatakan bahwa itu tidak akan pernah mengizinkan Teheran untuk memperoleh senjata nuklir, yang dibantah oleh Iran.

Upaya untuk memulihkan kesepakatan nuklir multilateral 2015, yang membuat Iran mengurangi program nuklirnya dengan imbalan pencabutan sanksi terhadap ekonominya, sejauh ini telah gagal.

Bulan lalu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken tampaknya menolak laporan tentang pemahaman informal antara kedua negara yang sebagian akan mengekang program nuklir Iran.

Akhir Juni, Departemen Luar Negeri mengonfirmasi bahwa utusannya untuk Iran, Robert Malley, yang memimpin putaran pembicaraan tidak langsung sebelumnya dengan Iran, sedang "cuti".

Malley mengatakan kepada media AS bahwa izin keamanannya sedang ditinjau. Rincian situasinya masih belum jelas.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Latihan Militer AS Israel Timur Tengah Konflik AS Iran Pendudukan Israel Palestina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :