Sabtu, 27/04/2024 15:16 WIB

China Berang Joe Biden Samakan Xi Jinping dengan Diktator

Kementerian Luar Negeri Beijing menyebut komentar Biden sebagai

File foto Presiden AS Joe Biden saat bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Akasaka Palace State Guest House di Tokyo pada 23 Mei 2022. (Foto: AP/David Mareuil)

JAKARTA, Jurnas.com - Kementerian Luar Negeri China mengecam komentar Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden yang menyamakan pemimpin China, Xi Jinping dengan diktator sebagai provokasi politik terbuka.

Berbicara di penggalangan dana di California pada Selasa (20/6), Biden mengatakan, Xi marah atas insiden pada Februari ketika sebuah balon China, yang menurut Washington digunakan untuk memata-matai, terbang di atas AS sebelum ditembak jatuh oleh jet militer Amerika.

Komentarnya muncul hanya beberapa hari setelah Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken mengakhiri kunjungan ke Beijing yang bertujuan membangun kembali jalur komunikasi untuk menghindari konflik antara dua kekuatan global.

"Alasan mengapa Xi Jinping menjadi sangat kesal ketika saya menembak jatuh balon itu dengan dua mobil boks yang penuh dengan peralatan mata-mata adalah dia tidak tahu itu ada di sana," kata Biden.

"Saya serius. Itu sangat memalukan bagi para diktator, ketika mereka tidak tahu apa yang terjadi."

Menanggapi hal itu, Kementerian Luar Negeri Beijing menyebut komentar Biden sebagai "konyol".

"Pernyataan yang relevan dari pihak AS sangat konyol dan tidak bertanggung jawab, mereka secara serius melanggar fakta dasar, protokol diplomatik dan martabat politik China," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Mao Ning pada briefing Rabu (21/6).

"China sangat tidak puas dan sangat menentang ini," tambahnya.

 

Persaingan multi-segi antara China dan AS berubah menjadi krisis diplomatik besar-besaran atas insiden balon di bulan Februari. Beijing pada hari Rabu mengulangi protesnya terhadap keputusan Washington untuk menembak jatuh balon tersebut.

"AS seharusnya menghadapinya dengan tenang, rasional, dan profesional, tetapi distorsi fakta, penyalahgunaan kekuatan, dan eskalasi hype telah sepenuhnya mengungkap sifat hegemonik dan intimidasinya," kata Mao.

Rusia juga mengkritik komentar Biden, dengan Kremlin pada Rabu (21/6) mengatakan bahwa komentar tersebut mencerminkan kebijakan luar negeri Washington yang "tidak dapat diprediksi".

"Ini adalah manifestasi yang sangat kontradiktif dari kebijakan luar negeri AS, yang menunjukkan unsur ketidakpastian yang signifikan," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan.

Biden, yang pada usia 80 mencalonkan diri untuk pemilihan kembali, pada Selasa mengatakan kepada para donor bahwa "sekarang kita berada dalam situasi di mana (Xi) ingin menjalin hubungan lagi."

"Blinken melakukan pekerjaan dengan baik" dalam perjalanannya ke Beijing, tetapi itu akan memakan waktu," tambah Biden.

Presiden AS juga mengungkit masalah lain terkait China: pertemuan puncak baru-baru ini di mana para pemimpin Australia, India, Jepang, dan Amerika Serikat - yang dikenal sebagai kelompok Quad - berupaya meningkatkan perdamaian dan stabilitas di kawasan maritim Asia-Pasifik.

Keempat negara itu bekerja sama erat di Laut China Selatan dan Samudra Hindia. "Apa yang dia (Xi) benar-benar kesal adalah karena saya bersikeras agar kita menyatukan ... yang disebut Quad," kata Biden.

Ini bukan pertama kalinya Biden membuat pernyataan yang signifikan, bahkan provokatif, pada resepsi penggalangan dana - biasanya acara berskala kecil di mana kamera dan rekaman dilarang tetapi di mana jurnalis dapat mendengarkan dan menyalin pidato pembukaan presiden.

Pada salah satu acara seperti itu Oktober lalu, Biden berbicara tentang ancaman nuklir "Armageddon" dari Rusia.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Konflik China AS Joe Biden Xi Jinping Diktator




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :