Sabtu, 27/04/2024 16:37 WIB

Taiwan Siaga, Kapal Induk China Berlayar di Selat

Taiwan Siaga, Kapal Induk China Berlayar di Selat

Kapal induk Tiongkok Shandong di Samudra Pasifik (File foto: Handout/Kementerian Pertahanan Jepang/AFP)

Taipei, Jurnas.com - Sekelompok kapal induk China yang dipimpin oleh kapal Shandong berlayar di Selat Taiwan pada Rabu (21/6). Demikian laporan Kementerian Pertahanan Taiwan.

Selat Taiwan merupakan perairan yang sensitif di tengah meningkatnya ketegangan militer antara China dan Taiwan, terkait status pulau tersebut sebagai bagian dari Negeri Bambu.

Dikutip dari Reuters, Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan bahwa Shandong yang bertugas sejak 2019 silam, berlayar ke arah selatan melalui bagian barat Selat Taiwan.

Diketahui, kapal induk China yang berpartisipasi dalam latihan militer di sekitar Tairan pada April lalu beroperasi di Pasifik Barat. Pada Maret tahun lalu, kapal induk yang sama berlayar melalui Selat Taiwan, hanya beberapa jam sebelum pemimpin China dan AS bertemu untuk melakukan pembicaraan.

China yang sebelumhya kerap menggunakan pendekatan militer, meningkatkan aktivitas militer di dekat Taiwan untuk memaksanya pulau yang yang memiliki sistem demokrasi itu supaya menerima kedaulatan China.

Sebaliknya, Taiwan membantah klaim kedaulatan Beijing dan berjanji akan membela diri jika diserang, karena menegaskan pulau tersebut bukan bagian dari kebijakan Satu China.

KEYWORD :

Taiwan China Kapal Induk




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :